Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jul 2020 11:46 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Umbul Ponggok, Wisata Hits dari Klaten

Alfian
detikTravel
Umbul Ponggok di Polanharjo, Klaten.
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Klaten -

Klaten merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Kota kecil ini letaknya berbatasan langsung dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Klaten yang dahulu adalah salah satu eks wilayah Karesidenan Surakarta memiliki julukan Kota 1001 Umbul karena banyaknya umbul-umbul yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Klaten.

Salah satu umbul yang ternama di Klaten adalah Umbul Ponggok. Umbul Ponggok sendiri berdiri sejak tahun 1920 yang saat itu Umbul Ponggok menjadi pemasok utama air untuk pabrik-pabrik gula dan juga perkebunan tebu yang berada di Desa Ponggok. Desa ponggok menjadi salah satu wilayah dengan sumber mata air terbesar di wilayah Klaten. Pada tahun 1930 pabrik gula di kawasan Desa Ponggok harus di tutup karena adanya krisis yang terjadi saat itu.

Seiring berjalannya waktu Umbul Ponggok mulai dialihfungsikan dan dikembangkan hingga saat ini menjadi salah satu destinasi wisata air ternama yang berada di Klaten. Umbul Ponggok terkenal dengan foto underwaternya. Kita bisa berfoto di dalam air dengan menggunakan set yang telah di sediakan. Banyak set yang di sediakan seperti motor, becak, sepeda, taman dan masih banyak yang lainnya. Kalian juga bisa meminta set lain sesuai keinginan kalian.

Untuk foto underwater kalian bisa menggunakan kamera sendiri atau juga bisa menyewa jasa foto underwater yang telah disediakan di umbul ponggok, Untuk jasa foto underwater dikenakan biaya Rp 60 ribu untuk durasi pemotretan selama selama 30 menit dan maksimal 4 orang. Umbul Ponggok juga menyediakan tempat untuk prewedding. Untuk biaya prewedding berkisar Rp 300-500 ribu tergantung set yang diinginkan.

Tarif tiket reguler untuk masuk Umbul Ponggok juga sangat terjangkau hanya Rp 15 ribu dan untuk tiket paket dikenakan biaya Rp 30 ribu. Jam operasional wisata Umbul Ponggok ini dimulai pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk alamat, Umbul Ponggok terletak di Jalan Delanggu-Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Untuk kalian yang ingin mencoba wisata air ini kalian lebih baik datang ketika hari biasa, karena ketika weekend pengunjung umbul ponggok kemungkinan besar akan membludak. Kalian juga wajib mencoba umbul-umbul lain yang berada di sekitaran Umbul Ponggok yang tentunya tidak kalah bagusnya seperti Umbul Brintik, Umbul Sigedang, Umbul Kapilaler, Umbul Manten dan masih banyak yang lainnya yang bisa dieksplorasi.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Alfian dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Umbul Ponggok Rugi Rp 14 Miliar Gegara COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA