Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jul 2020 14:38 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Kuliner Khas Kepulauan Aru yang Wajib Dicicipi

Margaretha Vintyas
detikTravel
5 Kuliner Khas Kepulauan Aru Maluku Tenggara yang Wajib Dicicipi
Foto: Margaretha Vintyas K/d'traveler
Dobo -

Jalan-jalan ke Kepulauan Aru, Maluku Tenggara kurang lengkap bila tak mencicipi kulinernya. Ini rekomendasi 5 kuliner yang wajib dicicipi.

Kepulauan Aru dengan ibu kotanya Dobo terkenal sebagai penghasil mutiara kualitas tinggi dan memiliki potensi sumber daya perikanan yang besar seperti ikan, udang lobster, teripang, rumput laut, dan lain-lain. Dobo juga dikenal sebagai salah satu lumbung ikan terbesar di Indonesia di perairan Laut Arafura.

Di sana juga terdapat satwa langka dan endemik seperti penyu, burung cendrawasih, burung kakatua, kuskus, burung kasuari dan kanguru. Tapi ironisnya binatang-binatang tersebut sering dibunuh oleh pemburu-pemburu liar untuk dijual dan dijadikan santapan makanan.

Nah, daripada makan makanan seperti itu, ada kok kuliner lain yang aman dan pastinya sedap. Ini daftarnya.

1. Kacang Botol

Kacang Botol ini diolah dengan cara tradisional tanpa disisipi bahan pengawet. Kacang Botol ini juga memiliki rasa yang beraneka ragam, ada yang rasa manis, asin, pedas, bawang dan mix. Semuanya enak dan nikmat serta asli diproduksi oleh masyakarat Kepulauan Aru.

2. Pom Pom

Apa yanag Anda pikirkan saat mendengar nama pom pom ini? Pasti dipikiran anda yang ada pompom ini adalah alat yang digunakan para cheeleaders. Jika itu yang anda pikirkan salah.

Yang benar Pom Pom adalah salah satu makanan yang di buat dari sagu yang sudah di saring serta di ambil sarinya dari pohon sagu. Ada juga yang terbuat dari tomat. Desa-desa di Kepulauan Aru penghasil sagu terbanyak ada di Desa Gulili, Desa Namara, dan di Desa Tabarfane.

3. Papeda

Siapa yang tidak tahu Papeda? Jajanan ini paling sering diburu oleh anak SD. Makanan berupa bubur sagu ini memiliki tekstur yang lengket, berwarna putih, kenyal dan juga tawar. Selain itu, Papeda juga kaya akan serat, rendah kolestrol dan memiliki nutrisi yang baik Di Kepulauan Aru sendiri Papeda sering dijadikan pengganti nasi Biasanya mereka menyantap Papeda dengan kuah kuning.

4. Sagu

Makanan tradisional yang benar-benar mengandung gizi yang cukup banyak Makanan ini biasanya ditumis atau direbus tergantung selera kita yang sudah tentu makanan ini adalah makanan yang menyehatkan karena langsung dipetik dari alam tanpa pengawet tentunya.

5. Sambal Colo-Colo

Pecinta pedas wajib coba kuliner yang satu ini makanan khas Dobo, Kepulauan Aru yang satu ini. Namanya terbilang unik dan rasa sambal ini pun juga sangat nikmat.

Sambal ini biasanya menjadi teman lauk pauk dari gorengan ikan laut ataupun olahan sayuran. Karena bahan yang digunakan adalah rempah asli tradisional, sambal ini bisa mengurangi bau amis pada olahan ikan.

Yang berbeda dari sambal lain adalah bentuk dari sambalnya. Jika pada umumnya akan menghaluskan rempah-rempah, jika Sambal Colo-Colo ini cukup diportong tipis-tipis.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Margaretha Vintyas dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Bia Paniki, Kuliner Khas Maluku yang Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA