Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Jul 2020 11:33 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berburu Sunrise di Wisata Taman Irung Petruk

Rizka Nurul
detikTravel
Wisata Irung Petruk
Foto: (Rizka Nurul/d'travelers)
Jakarta -

Tak hanya terkenal dengan daerah penghasil sayur yang melimpah. Cepogo mempunyai beberapa destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi para traveler.

Salah satu destinasi wisata yang popuper adalah Irung Petruk. Warga Boyolali sepertinya tidak asing lagi mendengar salah satu nama jalan legend di Kecamatan Cepogo ini yang berada di kaki Gunung Merapi Dan Gunung Merbabu tepatnya, di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali yang merupakan jalan alternative Boyolali, Magelang.

Irung Petruk sendiri merupakan nama yang di berikan pada sebuah jalan pegunungan berkelok-kelok dengan tikungan tajam dan di tandai dengan adanya patung tokoh wayang petruk yang berdiri kokoh di tikungan tajam jalan tersebut. Tempat wisata ini menawarkan wisata malam dan pagi hari yang sama indahnya. Jika pagi hari kita di suguhkan dengan sunrise jika malam hari kita di suguhkan dengan pemandangan lampu" kota yang bergermelap dengan cantik seperti bukit bintang Yogyakarta.

Kenapa dinamakan Irung Petruk? karena tikungan jalan tersebut cukup tajam sehingga seolah-olah seperti hidung Petruk. Tokoh Petruk sendiri merupakan salah satu Punokawan yang sangat legendaris dalam dunia Perwayangan yang pastinya tidak asing lagi di telinga orang Jawa, khususnya di Jawa Tengah.

Destinasi wisata ini terletak di samping persis jalan Irung Petruk sehingga tak heran jika kawasan ini selalu ramai di kunjungi baik wisatawan lokal maupun wisatawan yang berasal dari luar kota. Tempat ini sering dijadikan tempat nongkrong para muda-mudi dan para traveler yang ingin beristirahat sejenak melepas penat seusai berkendara.

Wisata Irung PetrukWisata Irung Petruk Foto: (Rizka Nurul/d'travelers)

Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Tak hanya menawar pemandangan di pagi hari dan siang hari saja irung petruk juga menawarkan pemandangan pada malam hari yang pastinya tak kalah indah.

Pada pagi hari kawasan wisata ini menawarkan pemandangan sunrise yang sangat cantik, hamparan pepohonan hijau yang luas di tambah dengan udara pegunungan yang sejuk. Kemudian pada malam hari kawasan wisata ini menawarkan pemandangan lampu-lampu di area perkotaan membuat kawasan ini seperti di bukit bintang Yogyakarta.

Adapun jarak yang di tempuh traveler untuk sampai ke Irung Petruk cukup mudah. Dari pusat Kota Boyolali hanya perlu menempuh jarak 13 km dengan waktu tempuh 21 menit ke arah Boyolali, Cepogo. Rasa lelah traveler akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan yang pastinya akan memanjakan mata para traveler.

Biaya tiket masuknya pun cukup terjangkau cukup membayar Rp 5000 per orang. Adapun biaya parkir Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil. Cukup terjangkau bukan ?

Dengan biaya sebesar itu traveler bisa menikmati fasilitas yang ada seperti banyaknya spot foto yang pastinya instagramable dengan background hamparan pepohonan hijau yang cantik.

Untuk urusan perut, traveler tak perlu khawatir, dalam kawasan wisata ini terdapat kantin yang menyediakan berbagai makanan dan camilan dengan harga yang bersahabat.

Tempat wisata ini wajib masuk ke dalam salah satu daftar list yang akan traveler kunjungi bersama keluarga,teman maupun orang terkasih saat COVID-19 sudah mereda.



Simak Video "Suasana Wisata Air Umbul Pengging yang Kembali Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT