Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jul 2020 11:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sori Na'e, Suasana Hutan yang Sejuk dan Asri di Desa Saneo NTB

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Wisata Alam dari Saneo NTB
Sori Na'e Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Dompu -

Jika berkunjung ke Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), mungkin tempat ini bisa Anda datangi untuk berpiknik menemani akhir pekan bersama keluarga. Warga setempat menyebutnya Sori Na'e atau dalam bahasa Indonesianya adalah Sungai Besar. Tempatnya berada di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.

Wisata alam dengan kesejukan suasana hutan asri ditambah lagi dengan air sungainya yang dingin dan jernih ini, dijamin bisa membuat anda lebih tenang dan terlepas sejenak dari hiruk pikuknya dunia.

Di lokasi ini, telah tersedia beberapa spot foto selfie maupun swafoto yang mengambil latar belakang hutan dan sungai. Selain itu, di tempat ini juga telah disediakan beberapa bale atau barugak yang disewakan.

"Jika bosan dengan suasana wisata pantai atau wisata lainnya, kami sarankan agar datang ke Sori Na'e dan nikmati langsung," kata salah seorang anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Saneo, Syarifuddin.

Wisata Alam dari Saneo NTBWisata Alam dari Saneo NTB Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)

detikcom berkesempatan mengunjungi lokasi ini pada Selasa (7/7/2020). Spot wisata ini dikelola oleh Pokdarwis Desa Saneo.

Untuk bisa sampai di lokasi ini, Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Dompu. Akses jalan menuju Sori Na'e pun sangat bagus bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor dan juga mobil.

Ketika anda melewati perkampungan warga Saneo, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan perkebunan kacang hijau dan tanaman Tembakau warga.

Tidak ada penataan yang berarti yang bisa menarik perhatian pengunjung di lokasi ini. Dan itu bukan tampa alasan. Kata Syarifuddin, mereka sengaja tidak terlalu mencampuri dengan bahan-bahan warna-warni.

"Alasannya, kita ingin menjaga keaslian alam kita, tampa harus merusak dengan pemandangan yang hanya untuk pamer di media sosial. Kita ingin semua yang hadir disini, benar-benar menikmati suasana alam yang sesungguhnya," ungkapnya.

Wisata Alam dari Saneo NTBWisata Alam dari Saneo NTB Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)

Syarifuddin mengatakan, tempat wisata Sori Na'e yang dikelolanya tersebut bisa saja dijadikan tempat wisata arum jeram, flying fox. Namun karena terkendala biaya, beberapa pilihan wisata itu tidak dapat terwujud. "Sebenarnya kita turut dibantu oleh Pemerintah Desa dalam pengembangan dan pengelolaan tempat ini, tapi tidak cukup. Di tempat ini ada tebing-tebing tinggi yang bisa digunakan sebagai tempat olahraga rappeling atau panjat tebing, tak bisa kami wujudkan karena kekurangan biaya. Semoga ada pihak yang mau membantu," harapnya.



Simak Video "Kejari Dompu NTB Musnahkan Barbuk Narkoba Hingga Senpi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA