Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jul 2020 11:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Candi Borobudur Dikelilingi Penginapan Pedesaan yang Unik

Raina Widita Swasti
detikTravel
Balkondes di Borobudur
Balkondes Sakapitu di Borobudur (Foto: Raina Widita Swasti/d'Traveler)
Jakarta -

Candi Borobudur dikelilingi penginapan pedesaan yang menarik hati. Adalah balkondes namanya, penginapan bernuansa pedesaan yang hemat biaya.
Pemerintah kini telah menerapkan new normal. Untuk menghilangkan penat selama berbulan-bulan mengurung diri di rumah mungkin Borobudur bisa jadi salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi. Selain candi Borobudur, di sekitarnya juga terdapat tempat wisata bernuansa alam yang bisa menghilangkan stres.

Kini traveler juga tak perlu risau untuk mencari tempat menginap di sekitar Borobudur karena sejak tahun 2017 telah dibangun sekitar 20 balkondes di berbagai desa. Balkondes atau balai ekonomi desa ini merupakan proyek kerjasama desa dengan BUMN sebagai pengembangan tiga destinasi wisata seperti Borobudur, Danau Toba dan Mandalika.

Balkondes ini menawarkan penginapan bernuansa pedesaan dengan biaya yang bersahabat loh. Menarik kan? Yuk simak beberapa balkondes yang ada di Borobudur di bawah ini :

1. Balkondes Sakapitu

Terletak sekitar 5 kilometer dari candi Borobudur, Balkondes Sakapitu ini menawarkan panorama yang indah. Bangunan yang terletak di dekat sawah dan pemandangan pegunungan menorah yang disuguhkan menambah nuansa pedesaan yang asri nan alami.

Balkondes ini juga memiliki bangunan yang unik dan instagenic loh travelers. Ada tujuh bangunan berbentuk prisma segitiga di mana gentingnya tersusun mengerucut dari atas ke bawah hampir sampai tanah. Nah bagi yang mau menginap, bangunan berbentuk prisma segitiga ini adalah kamarnya. Unik bukan?

Untuk Fasilitas Balkondes Sakapitu ini memiliki 17 kamar dengan kapasitas 34 orang serta fasilitas penunjang yang dapat dinikmati travelers, seperti home stay kecil, kamar mandi, home stay besar, toilet umum,toilet disabilitas, shower, hingga Wi-Fi.

Alamat lengkap Balkondes Sakapitu berada di Jl. Raya Salaman-Borobudur km 5 Prembulan, Kempun, Tegalarum, kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Balkondes di BorobudurBalkondes Kembanglimus di Borobudur (Foto: Raina Widita Swasti/d'Traveler)

2. Balkondes Kembanglimus

Tak jauh dari Balkondes Sakapitu ke arah candi Borobudur traveler dapat menemukan Balkondes Kembanglimus. Terletak sekitar 3 kilometer dari candi Borobudur, Balkondes Kembanglimus ini juga tak berjarak jauh dengan tempat wisata gereja Ayam.

Menyediakan beberapa bangunan yang terbuat dari bambu beratapkan daun kelapa dan pemandangan sawah menambah nuansa pedesaan yang selalu dirindukan. Balkondes ini menawarkan fasilitas kamar, TV layar datar, kamar mandi pribadi, balkon dengan pemandangan taman, teras, layanan resepsionis 24 jam, dan Wi-Fi gratis di seluruh areanya.

Alamat lengkap Balkondes Kembanglimus berada di Jl. Sudirman, Sembungan, Kembanglimus, kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

3. Balkondes Ngadiharjo

Berjarak sekitar lima kilometer dari candi Borobudur, Balkondes Ngadiharjo merupakan rekomendasi penginapan yang pas untuk para traveler yang tidak menyukai keramaian. Terletak agak menjauh ke dalam desa, balkondes ini tak hanya menyuguhkan bangunannya yang unik, tetapi juga pemandangan yang akan memanjakan mata pengunjung.

Balkondes ini dibangun ditengah tengah persawahan warga dengan latar belakang pegunungan Menoreh yang tampak dekat di mata. Jika sore hari para traveler akan melihat matahari berwarna keemasan menyelimuti persawahan diiringi dengan suara jangkrik.

Fasilitas di kamar Balkondes Ngadiharjo dilengkapi dengan TV satelit layar datar, AC, teko, hot sub, meja kerja, amenitas kamar mandi gratis, lemari pakaian, kamar mandi pribadi, dan Wi-Fi gratis.

Alamat lengkap Balkondes Ngadiharjo berada di Ngabean, Sawah Dan Hutan, Ngadiharjo, kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Raina Widita Swasti, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Antisipasi Erupsi Merapi, Stupa Candi Borobudur Ditutup Terpaulin"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA