Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jul 2020 09:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukit Mongkrang, Rekomendasi Bagi Pendaki Pemula

Yoga Binboy
detikTravel
Bukit Mongkrang
Foto: Yoga Binboy
Jawa Tengah -

Bukit Mongkrang yang berada di sisi selatan Gunung Lawu cocok untuk pendaki pemula yang ingin menikmati alam pegunungan.

Indonesia dikenal dengan panorama alamnya yang indah. Ada banyak pula cara untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Salah satunya ialah Bukit Mongkrang yang berada di wilayah Tlogodringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Bukit yang berada di sisi selatan Gunung Lawu ini sangatlah cocok bagi teman-teman yang ingin menjajal sensasi mendaki.

Belakangan ini Bukit Mongkrang ramai dibicarakan di media sosial. Bagaimana tidak? Bukit ini menyuguhkan pemandangan yang membentang luas dari berbagai sudut dan bisa menyaksikan secara langsung kemegahan Gunung Lawu.

Bukit yang berada di ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini bisa ditempuh hanya dengan waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai ke Puncak Candi Mongkrang 1 (puncak pertama Bukit Mongkrang) dan sekitar 45 menit tambahan apabila ingin sampai Puncak Bukit Mongkrang 2.

Tentu saja hal ini relatif cocok untuk pendaki pemula. Namun, tetap harus mempersiapkan diri, baik itu mental maupun fisik karena bagaimanapun mendaki merupakan aktivitas outdoor atau di luar ruangan.

Biaya masuknya pun tidak akan membuat kantong teman-teman terkuras banyak. Untuk mendaki Bukit Mongkrang hanya dikenai biaya masuk Rp 7.500 (menginap/camp) untuk pembayaran di pos retribusi dan biaya parkir Rp 10.000.

Apabila teman-teman hanya ingin singgah sebentar (tidak menginap) akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk pembayaran di pos retribusi dan Rp 5.000 untuk biaya parkir. Lebih baik teman-teman menyiapkan uang pas apabila ingin mendaki.

Rute menuju puncak pun bisa dibilang mudah dan terlihat jelas dari Tawangmangu. Teman-teman yang ingin mendaki pun tak perlu repot-repot membawa bekal yang banyak karena tersedia tiga warung di setiap pos nya.

Tracknya pun tidak terlalu curam pada umumnya naik gunung akan tetapi sedikit sulit karena kondisi tanah yang kering berdebu dan banyak ditumbuhi tumbuhan berduri juga ilalang. Meskipun terbilang cukup mudah untuk pendaki pemula, teman-teman juga perlu memperhatikan setelan yang pas agar aman dan nyaman saat mendaki.

Bagi teman-teman yang ingin menginap (camp) di Bukit Mongkrang terdapat lahan yang luas untuk membangun tenda bisa di Bukit 1, Bukit 2, dan Bukit 3. Jadi, tak perlu khawatir, teman-teman bisa menikmati indahnya alam di Bukit Mongkrang dan sekitarnya dengan santai sembari mengobrol dan meminum kopi.

Apabila teman-teman berniat ingin menginap (camp) jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan membawa pulang kembali sampahnya. Mari kita jaga kebersihan alam kita.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Yoga Binboy, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Meracik Bumbu, Mengolah Kepiting Menjadi Makanan Lezat, Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT