Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jul 2020 06:47 WIB

TRAVEL NEWS

Pengunjungnya Membeludak, Gunung Telomoyo Ditutup Sementara

Eko Susanto
detikTravel
Gunung Telomoyo  Magelang
Foto: Ilustrasi Gunung Telomoyo (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Destinasi Gunung Telomoyo yang sempat viral akhirnya ditutup sementara. Penyebabnya, jumlah pengunjung yang membeludak.

Pengunjung Gunung Telomoyo, yang berada di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, sempat membeludak. Membeludaknya pengunjung ini sempat terekam dalam video yang viral di media sosial.

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandean, H Wardoyo saat dihubungi membenarkan adanya video tersebut. Menurutnya, itu video saat pengunjung berada di atas. Setelah melakukan kerja sama dengan pengelola yang berada di Dusun Pagergedog, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, untuk bersama-sama menutup.

"Betul, di atas. Karena pengunjung mau kesini, ada yang dari tempat kita dari Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Terus juga ada dari Dusun Pagergedog, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Setelah itu, kita kerja sama, koordinasi dengan pengelolanya yang ada disana untuk bersama-sama kita tutup," kata Wardoyo saat dihubungi, Minggu (19/7/2020).

Pengunjung datang, kata Wardoyo, mulai pagi banyak sekali. Sejak pukul 03.00 WIB, sudah banyak sehingga membludak.

"Jam 03.00 WIB, rombongan sudah banyak. Saya jam 06.00 WIB, di rumah diparani (didatangi) sama pengelola. Standar protokoler kesehatan ternyata semakin lama, semakin banyak tidak bisa teratasi, akhirnya kita tutup jam 07.30 WIB," katanya.

[Gambas:Instagram]




Saat dilakukan penutupan, kata dia, pengunjung yang di atas kurang lebih sekitar 2.000-an. Kemudian pengunjung yang berada di bawah juga banyak sekali. Penutupan tersebut dilakukan sampai pukul 14.40 WIB.

"Setelah itu, kami mengambil sikap bisa terkondisi sampai jam 14.40 WIB. Setelah steril atas, di Gunung Telomoyo, baru kita buka kembali dengan standar protokoler, tapi pengunjung masih banyak juga, setelah 400 pengunjung kita tutup kembali," ujarnya.

Setelah kejadian membeludak ini, kata Wardoyo, Gunung Telomoyo saat ini ditutup dulu. Penutupan dilakukan sementara hingga terkondisi. Kemudian akan dilakukan penyemprotan-penyemprotan dengan disinfektan.

"Sekarang kita tutup dulu, walaupun bagaimana biar steril dulu. Biar disemprot-semprot," katanya.

Dia menambahkan nantinya pengunjung untuk registrasi akan dilakukan secara online sehingga bisa diketahuinya.

Gunung Telomoyo dibuka kembali oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, pada, Sabtu (11/7). Pembukaan kembali ini menerapkan protokol kesehatan dimana pengunjung memakai masker. Kemudian saat sampai di lokasi masuk dicek suhu tubuhnya dan sebagainya.



Simak Video "SvargaBumi Borobudur, Wisata Magelang yang Gandeng Petani Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA