Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jul 2020 09:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Naik Gunung yang Tidak Bikin Lelah, Ya Naik Gunung Telomoyo

Eko Susanto
detikTravel
Gunung Telomoyo  Magelang
Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Menikmati keindahan Gunung Telomoyo tidaklah susah. Kamu bisa menjelajahi pemandangannya dengan motor lho. Yuk main-mainn ke sini!

Keindaham Gunung Telomoyo yang ada di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, tiada duanya. Untuk pemula maupun traveler yang suka keindahan alam bisa naik di Gunung Telomoyo.

Untuk menuju puncak Gunung Telomoyo ada dua jalur yang bisa dilalui. Pertama melalui Kabupaten Magelang tepatnya di Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak. Kemudian yang kedua bisa melewati Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Pengunjung yang melalui Dalangan, begitu sampai diminta mengatur jarak, kemudian dilakukan pengecekan suhu tubuh. Setelah itu, disemprot dengan disinfektan, baru membeli tiket masuk.

Gunung Telomoyo  Magelang Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Yang membedakan di Gunung Telomoyo ini, tidak diperlukan keahlian maupun kemampuan mendaki. Sekalipun pemula bisa saja naik gunung ini. Dari lokasi pembelian tiket masuk bisa naik sepeda motor maupun mobil sampai puncak. Namun untuk saat ini, mobil tidak boleh naik karena membahayakan pengunjung.

Untuk itu, pengunjung yang datang menggunakan mobil di parkir. Kemudian naiknya bisa naik sepeda motor maupun menyewa jeep. Sedangkan bagi yang naik sepeda motor bisa naik, namun perlu ekstra hati-hati. Jalan menuju puncak Telomoyo sudah beraspal, kendati ada sekitar 2 km yang jalannya berlubang-lubang.

Saat new normal ini, Gunung Telomoyo sudah dibuka kembali. Pembukaan resmi telah dilakukan pada, Sabtu (11/7), lalu. Pembukaan kembali ini setelah pengelola mendapatkan surat izin dari Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Semenjak dibuka kembali pengunjung ramai sekali.

"Pembukaan kembali mulai tanggal 11 Juli 2020 dilakukan oleh Pak Bupati Magelang. Dibukanya kembali ini sesuai dengan protokol kesehatan," kata Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandean, H Wardoyo saat ditemui, Jumat (17/7/2020).

Gunung Telomoyo  MagelangGunung Telomoyo Magelang Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Yang membedakan dengan gunung lainnya, kata Wardoyo, pengunjung bisa naik atas dengan sepeda motor. Demikian halnya mobil bisa sampai atas, namun tidak diperbolehkan.

"Naik motor, keistimewaannya. Mobil bisa sampai atas, tapi sementara ini mobil nggak boleh sampai atas karena membahayakan pengunjung. Terus motor-motor saja yang kita perbolehkan," tuturnya.

Menurut Wardoyo, pengelola juga menyediakan jeep dari bawah menuju atas. Untuk sewa jeep sebesar Rp300.000. Untuk tiket masuk menuju Gunung Telomoyo sebesar Rp10.000. Adapun dari Dalangan sampai puncak Gunung Telomoyo sepanjang 6,5 km dan dibuka selama 24 jam.

Gunung Telomoyo  MagelangGunung Telomoyo Magelang Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Dari puncak Gunung Telomoyo ini bisa melihat keindahan alam maupun gunung seperti Andong, Merbabu dan lainnya. Selain itu, bisa melihat keindahan Rawa Pening dari kejauhan.

Salah satu pengunjung Gunung Telomoyo, Wulan (20), warga Purwodadi mengatakan, pemandangan di Gunung Telomoyo eksotis sekali. Ia yang baru pertama kali datang bersama dengan teman-temannya dari Purwodadi yang kebetulan kuliah di UKSW Salatiga.

"Ini baru pertama kali, disini eksotis banget. Kalau di Purwodadi gunung tinggi, disini alam banget dan bisa merefresh pikiran," ujarnya.

Menurut Wulan, jika sedang stres atau bagaimana, lokasi Telomoyo sangat nyaman sekali untuk menenangkan.

"Kalau lagi stres atau gimana, sumpah recommended sekali," ujarnya.

Hal senada disampaikan pengunjung lainnya, Widya (20). Ia juga pertama kali datang ke Gunung Telomoyo merasa senang sekali.

"Rasanya senang karena menarik sekali," tuturnya.



Simak Video "Ganjar Umumkan Kenaikan Upah Minimum Jateng 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA