Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jul 2020 08:17 WIB

TRAVEL NEWS

Mumi Ini Jadi Petunjuk Baru Makam Cleopatra

Putu Intan
detikTravel
Mumi
Ilustrasi Mumi. (Foto: Live Science)
Kairo -

Dua mumi berhasil ditemukan di pemakaman dekat Alexandria, Mesir. Penemuan ini menjadi petunjuk ke makam Cleopatra.

Traveler tahu Cleopatra? Nama Ratu Mesir yang terkenal akan kecerdasan dan kecantikannya itu memang sudah tak asing bagi masyarakat dunia. Tapi, sampai saat ini ilmuwan belum menemukan dimana Cleopatra disemayamkan.

Petunjuk keberadaan makam Cleopatra ini terus dicari sampai akhirnya baru-baru ini ilmuwan menemukan sebuah titik terang. Arkeolog dan Egiptolog dari University Liverpool, Dr. Glenn Godenho berhasil menemukan makam dua mumi di Kuli Taposiris Magna yang berjarak sekitar 48 kilometer dari Alexandria, Mesir.

Dikutip dari The Guardian, kedua mumi itu diduga memiliki status sosial yang tinggi. Hal itu terlihat dari dua jasad yang dibungkus dengan daun emas.

Penemuan ini diketahui dari film dokumenter berjudul The Hunt for Cleopatra's Tomb yang ditayangkan di Channel 5, Inggris. Melalui dokumenter itu diketahui bahwa makam telah berusia 2.000 tahun dan dipercaya pernah hidup di zaman yang sama dengan Cleopatra.

"Meskipun sekarang tertutup debu karena selama 2.000 tahun terkubur di bawah tanah, pada saat itu mumi-mumi ini sangat spektakuler. Mereka ditutupi dengan daun emas yang menunjukkan mereka bisa jadi anggota masyarakat yang penting," kata Dr. Glenn Godenho.

Sepasang mumi yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan itu diduga adalah pemuka agama yang penting untuk sang ratu. Di dekat mumi-mumi itu ditemukan 200 koin yang bergambar wajah Cleopatra dan nama Cleopatra juga ditulis pada kuil tersebut.

Cleopatra sebenarnya bukanlah satu-satunya penguasa Mesir yang sampai sekarang makamnya belum ditemukan. Bahkan, tidak ada makam firaun dari Dinasti Ptolemy (garis keluarga Cleopatra) yang ditemukan.

Makam mereka juga tidak ditemukan di Lembah Para Raja yang menjadi tempat beberapa firaun bersemayam. Akan tetapi, dengan ditemukannya kedua mumi ini diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi ilmuwan untuk mengungkap makam sang ratu.



Simak Video "Gedung 3 Lantai di Mesir Roboh, 6 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA