Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jul 2020 14:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Petualangan Menyusuri Gua Semprong di Tanah Laut, Kalsel

Fahmi
detikTravel
Gua Semprong
Gua Semprong (Foto: Fahmi/d'traveler)
Tanah Laut -

Tanah Laut memiliki banyak potensi sumber daya alam yang dapat dijadikan tujuan wisata. Salah satunya Gua Semprong untuk penikmat sensasi adrenalin.

Gua yang terletak tidak jauh dari Air Terjun Bajuin dengan jarak sekitar 2 kilometer. Gua ini merupakan salah satu gua yang ada di pegunungan Desa Sungai Bakar.

Menurut beberapa komunitas pencinta alam, ada sekitar 30 gua yang ada di Desa Sungai Bakar tersebut. Desa Sungai Bakar sebagai desa lokasi ke Gua Semprong cukup dekat dari ibu kota kabupaten. Dari Kota Pelaihari hanya sekitar 45 menit dengan menggunakan roda dua atau roda empat.

Dari Desa Sungai Bakar kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1 jam (sambil rehat menikmati alam sekitar), dengan kondisi jalan menanjak layaknya kita mendaki di perbukitan.

Masyarakat juga menyediakan jasa ojek untuk menuju lokasi gua semprong dengan lama tempuh sekitar 20 menit. Sebelum kita sampai di Gua Semprong, kita akan menjumpai Gua Marmer dan Gua Pentet.

Di sepanjang perjalanan menuju Gua Semprong kita juga akan menemui aliran air pegunungan yang cukup indah dan juga beberapa air terjun kecil sangat cocok sebagai tempat mengambil foto dan tempat istirahat.

Pintu masuk Gua Semprong ada dua, yang pertama kita bisa masuk lewat bawah dengan melewati beberapa bebatuan, sedangkan pintu kedua melalui jalan atas.

Memasuki Gua Semprong dari atas ini yang paling menarik untuk dicoba dengan ketinggian 30 meter. Turun menggunakan tali karamantel kita rappeling sambil berswafoto, sebuah moment yang patut kita nikmati sensasinya.

Bentuk Gua Semprong layaknya seperti sebuah semprong, sehingga dinamakan Gua Semprong. Gua ini luasnya sekitar 20 meter x 10 meter cukup lega untuk dimasuki.

Pada saat siang, sinar matahari akan masuk dari lubang atas sehingga dapat menerangi gua. Di dalam gua ada lagi 2 buah gua kecil yang pintu masuknya agak sempit tetapi setelah kita masuk cukup luas dengan ukuran sekitar 5 meter x 7 meter, dengan ketinggian sekitar 5 meter.

Konstruksi gua cukup unik, dengan dinding marmer, tetapi di beberapa sudut dinding berbahan bebatuan gunung, sehingga terlihat seperti penyambung antara satu sudut dengan sudut lainnya. Bagi para traveler yang suka dengan petualangan, Gua Semprong sebuah gua yang patut direkomendasikan untuk dikunjungi dan dinikmati.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Fahmi dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Seru Banget! Main-main ke Gua Sarang di Sabang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA