Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jul 2020 15:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada 'Salju' di Lamongan, Mari Nikmati

Eko Sudjarwo
detikTravel
Wisata Gondang Snow Island (GSI).
Gondang Snow Island di Waduk Gondang, Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo )
Lamongan -

Ingin menikmati salju dan suasana Jepang atau Korea di Lamongan? Ada baiknya jika anda datang ke lokasi wisata Waduk Gondang, anda menyempatkan diri untuk datang di wahana baru di tempat wisata yang ada di wilayah Lamongan selatan ini, yaitu Gondang Snow Island (GSI).

Di lokasi Wisata Waduk Gondang yang terletak di Kecamatan Sugio ini memang ada wahana baru berupa nuansa salju yang berada di pinggir waduk. Meski bukan salju beneran, tapi anda anda bisa menikmati nuansa salju ini lengkap dengan pernik dan aksesorinya, seperti baju ala Korea atau Jepang. Ada juga pepohonan berselimut salju ala-ala negara yang mengenal 4 musim.

Wahana wisata baru yang dikenal dengan sebutan Gondang Snow Island ini ternyata dikelola oleh desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yaitu Desa Gondang Lor, Kecamatan Sugio.

"Ide pembuatan wahana baru berupa spot foto salju dengan nama Gondang Snow Island ini berawal dari keinginan untuk membangkitkan kembali lokasi wisata Waduk Gondang, sekaligus mengembangkan Bumdes Gondang Lor," kata Kepala Desa Gondang Lor, Herdian Permana saat berbincang dengan wartawan, Senin (20/7/2020).

Gondang Snow IslandGondang Snow Island. Foto: Eko Sudjarwo

Herdian menyebut, beberapa tahun terakhir ini tingkat kunjungan wisata ke waduk yang diresmikan oleh Presiden Soeharto ini terbilang rendah. Sehingga, lanjut Herdian, Desa Gondang Lor sebagai salah satu desa yang berada di sekitar waduk ingin menarik kembali wisatawan untuk datang ke waduk ini. "Sekaligus kami ingin mengembangkan bidang usaha yang ada di BUMDes," tuturnya.

'Salju' yang berada di Gondang Snow Island (GSI) Lamongan ini adalah salju buatan yang terbuat dari dakron yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menarik dan bisa menjadi spot foto yang keren. Herdian menjelaskan, di 'Pulau salju' ini pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang hutan salju dan pohon sakura yang berselimut salju. Pengunjung juga bisa menikmati suasana camping di hamparan salju yang cool. "Gondang Snow Island ini sebenarnya sudah dibuka sejak Februari lalu, kemudian sempat tutup akibat pandemi COVID-19 dan kini dibuka kembali sejak Minggu (19/7/2020)," ujar Herdian.

Anda juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati 'salju' ala Waduk Gondang ini. Pasalnya, pengelola hanya mematok harga Rp. 15 ribu per orang untuk bisa mendapatkan spot foto di lokasi sebanyak 3 spot foto. Tiga spot foto tersebut, menurut Herdian, adalah suasana hutan salju, camping di tengah-tengah salju dan spot foto Bunga Sakura. "Agar lebih terkesan, pengunjung juga bisa menyewa kostum khas Asia timur berupa Kimono dan pengunjung juga dapat suvenir," aku Herdian.

BUMDes Gondang Lor, lanjut Herdian, juga berencana untuk menambahkan beberapa spot foto baru di lokasi wisata waduk Gondang ini. Spot apa yang akan ditambahkan? Herdian masih belum bisa bercerita dan meminta untuk menunggu kejutannya saja. "Kami mendapatkan kepercayaan dari Dinas Pariwisata Lamongan untuk mengembangkan lagi, jadi kita ambil langkah-langkah untuk spot foto yang lain, tunggu saja," pungkasnya.



Simak Video "Becak Wisata, Lamongan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA