Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jul 2020 14:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masya Allah, Begitu Cantik Desa Paling Terpencil di Jawa Tengah Ini

Rizky Ws
detikTravel
Desa Girpasang Klaten
Desa Girpasang di Klaten (Foto: Rizky Ws/d'Traveler)
Jakarta -

Desa Girpasang ini bisa jadi yang paling terpencil di Jawa Tengah. Tapi, lihat foto-fotonya, desa ini begitu cantik, berhawa sejuk, juga damai.

Desa Girpasang namanya. Merupakan desa tapal batas wilayah kabupaten Klaten di bagian utara. Letaknya ada di kecamatan Kemalang.

Desa Girpasang tepat berada di bawah lereng gunung Merapi. Secara geografis, gunung Merapi berbatasan dengan 4 kabupaten, yaitu Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten.

Sebagai desa yang jauh dari pusat kota, desa Girpasang hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 36 orang saja. Mereka ada dalam 12 kartu keluarga serta hanya ada 9 rumah yang berdiri di sana.

Infrastruktur di desa Girpasang sangat tertinggal dari desa sekitarnya. Hal ini bisa di lihat dari fasilitas yang ada di desa tersebut, di mana akses jalan menuju desa ini sangat sulit ditambah di desa tersebut tidak ada toko, sekolah, bahkan puskesmas.

Desa Girpasang KlatenDesa Girpasang di Klaten (Foto: Rizky Ws/d'Traveler)

Untuk sampai di desa Girpasang harus berjalan melewati 1.400 lebih anak tangga, naik turun atau sekitar dua kilometer menurut penduduk di desa tersebut. Walaupun akses desa tersebut terbilang cukup sulit, tetapi desa Girpasang ramai akan pengunjung.

Desa Girpasang sangat sejuk, asri, serta sangat dekat dengan puncak gunung Merapi. Itu menjadikan desa ini sangat cocok untuk berswafoto. Jika beruntung dalam perjalanan menuju desa ini, akan banyak menjumpai primata asli desa Girpasang yaitu monyet.

Banyak pengunjung berdatangan dari dalam kota maupun luar kota. Ada yang mendirikan tenda untuk menginap, menjelajah, bersilaturahmi dengan penduduk desa Girpasang, atau bahkan hanya untuk berswafoto. Untuk bisa berkunjung ke desa ini hanya memerlukan biaya 5 ribu rupiah untuk biaya parkir.

Desa Girpasang KlatenRumah di desa Girpasang, Klaten (Foto: Rizky Ws/d'Traveler)

Ketika sampai di desa Girpasang, keramahan penduduk akan sangat menonjol. Apalagi desa ini masih kental akan tradisi salah satunya tradisi atau ajaran memuliakan tamu.

Tidak jarang pengunjung desa Girpasang langsung akrab atau cepat berbaur dengan penduduk di desa tersebut. Penasaran dengan desa Girpasang? Cobalah berkunjung ke sana setelah pandemi ini berakhir ya.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Rizky Ws, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Truk Terguling di Depan Rumah Duka, Pelayat Berhamburan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA