Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Jul 2020 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Curug Dawuan Ciamis, Air Terjun Tersembunyi untuk Para Petualang

Dadang Hermansyah
detikTravel
Curug Dawuan Ciamis
Foto: Curug Dawuan (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Berbicara tentang kekayaan alam Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memang tidak ada habisnya. Salah satu keindahannya terletak di Curug Dawuan Ciamis.

Curug Dawuan berada di Blok Cipurut, Desa Cipaku, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Jarak menuju air terjun ini sekitar setengah jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor. Dari pusat perkotaan Ciamis bisa ambil jalur Jalan Sadananya, atau ke arah jalan Kawali, kemudian belok di Cipaku.

Air terjun yang baru ditemukan ini cocok untuk para petualang. Karena, untuk sampai ke lokasi air terjun harus melintasi hutan kaki Gunung Sawal dengan berjalan kaki dan sedikit mendaki sekitar 1 kilometer.

Sepanjang jalan itu tumbuhan yang ada masih bagus, sehingga traveler langsung merasakan sensasi rimbunnya hutan hujan tropis. Suasananya sangat sejuk membuat pikiran menjadi tenang.

Sehingga tak ada lelah yang dirasakan, terlebih setelah sampai akan langsung disuguhkan air terjun yang airnya jernih dan menyegarkan. Di lokasi ini pengunjung bisa berenang dan basah-basahan. Air terjun ini bukan aliran sungai biasa, tapi langsung dari sumber mata air.

Curug Dawuan CiamisCurug Dawuan Ciamis Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Curug ini baru dibuka untuk umum sekitar 2,5 bulan lalu, yang dikelola oleh warga dan pemuda setempat. Akses mencapai Curug Dawuan Ciamis kini lebih mudah, karena telah disediakan jembatan dan tangga bambu.

Namun, ada beberapa titik yang mengharuskan memanjat beberapa batu besar. Kini di akhir pekan wisatawan lokal banyak yang berkunjung.

Untuk masuk ke lokasi wisata air terjun ini, wisatawan hanya mengeluarkan biaya tiket Rp 3 ribu per orang. Sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu.

Curug Dawuan CiamisCurug Dawuan Ciamis Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Hanya saja, di lokasi air terjun belum ada pedagang yang berjualan. Tapi ada lokasi 'tempat botram' bagi pengunjung yang akan menyantap bekal yang dibawa dari rumah.

"Baru buka 2,5 bulan. Kemarin kan ada Corona jadi pemuda di sini mulai membuka Curug ini. Kalau dulu sering ke sini berenang saja para pemuda. Karena sangat berpotensi untuk wisata dan ramai di medsos. Sekarang ditata untuk jadi tempat wisata," ujar Agil pemuda setempat.

Sementara itu, Kurnia, pengunjung asal Panyingkiran, Kecamatan Ciamis penasaran datang ke lokasi air terjun yang ramai diperbincangkan di media sosial. Ia mengaku takjub dengan Curug Dawuan ini karena sangat indah dan lokasinya masih asri. "Saya berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan tempat wisata ini. Karena menurut saya ini sangat berpotensi. Yang terpenting jaga keasrian hutannya, jangan dirusak. Ditata dengan baik agar sentuhan alam asli tetap terjaga," pungkasnya.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA