Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jul 2020 10:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Konon, Mata Air di Ciamis Ini Bisa Sembuhkan Penyakit

Dadang Hermansyah
detikTravel
Mata air Cibarani
Mata Air Cibarani di Ciamis Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Mata air Cibarani yang konon bisa sembuhkan penyakit di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Uniknya, mata air tersebut tidak akan keruh meskipun disimpan di botol dalam jangka waktu yang lama.

Mata air Cibarani itu beraada di di tengah Hutan Pasarean, Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan. Selain konon dipercaya memiliki khasiat, ternyata juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber air warga.

Di sekitar mata air juga terdapat makam salah satu tokoh di daerah tersebut yakni Pangeran Undakan Kalangan Sari. Kini, kawasan Hutan Pasarean sudah ditetapkan sebagai hutan lindung dan Situs Cagar Budaya.

Warga setempat yang juga Amil Desa, Nagarapageuh Samin Setiawan bercerita asal muasal mata air Cibarani ini. Berdasarkan cerita orang tua dulu, munculnya mata air tersebut sewaktu sesepuh di sana bernama Eyang Kura Haji Jayanana datang ke Nagarapageuh dari Mekah. Ia membawa oleh-oleh air zam-zam, lalu ditumpahkan di lokasi tersebut.

"Ada juga sebagian cerita, mata air ini pertemuan dari beberapa mata air, yakni Kejayaan, Cikahuripan, Cikamayan dan Cibarani," ujar Samin kepada detikcom, Rabu (29/7/2020).

Mata air CibaraniMata air Cibarani Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Samin menyebut mata air Cibarani ini memiliki keistimewaan. Dimana air tersebut tidak pernah 'kumer' (keruh) meski telah disimpan di dalam botol dalam waktu yang cukup lama.

"Keistimewaannya air ini ketika dibawa ke rumah, dibandingkan dengan air dari sumber lain, air dari mata air Cibarani ini tidak keruh dan tidak ada perubahan. Sedangkan air dari sumber yang lain itu 'kumer'," jelasnya.

Mata air CibaraniMata air Cibarani Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Samin juga menceritakan keistimewaan lain mata air Cibarani ini yang konon bila mandi tempat ini dapat menyembuhkan penyakit. Ada beberapa peziarah yang telah merasakan manfaatnya. Air ini juga cukup menyegarkan karena langsung bersumber dari pohon berusia ratusan tahun yang ada di lokasi tersebut.

"Untuk pengobatan, orang-orang yang sudah merasakan memang ada kebarokahannya (khasiat). Gimana kehendaknya, yang penting jangan menyekutukan Allah SWT. Berdoa tetap kepada yang maha pencipta bukan kepada yang lain," kata dia.

Samin juga menyebut bila berziarah ke lokasi mata air Cibarani jangan menyebut permintaan, namun berdoa semata-mata untuk mencari ridho Allah SWT.



Simak Video "Menelusuri Jejak Arsip Si Pitung Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA