Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jul 2020 20:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Taman Sari yang Tak Pernah Padam

Rofika Dwi
detikTravel
Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta (Rofika Dwi/d'traveler)
Jakarta -

Salah satu tempat wisata wajib yang harus kalian kunjungi saat datang ke Yogyakarta adalah Taman Sari. Banyak spot cantik untuk berfoto.

Taman Sari ini menawarkan tempat wisata yang berbeda dan unik di Yogyakarta. Dengan arsitektur Eropa yang indah, kastil ini menandai 260 tahun keberadaannya. Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I, raja pertama Yogyakarta.

Taman Sari adalah situs peninggalan Kraton Mataram yang terletak di kawasan Kraton. Berlokasi di Jalan Kompleks Wisata Taman Sari, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Taman Sari mudah dikenali, lokasinya hanya 1,4 km dari Alun-Alun Yogyakarta. Berjarak 15 menit berjalan kaki dari pusat kota Yogyakarta.

Untuk sampai di sini pengunjung dapat berjalan kaki dari jalan Alun-alun Utara melewati Istana Yogyakarta. Belok kanan di pertigaan jalan suryoputran. Berjalan ke arah dan belok kiri di pertigaan. Tanda Taman Sari akan mudah dikenali dari jalan polowijan.

Taman Sari YogyakartaTaman Sari Yogyakarta Foto: (Rofika Dwi/d'traveler)

Harga tiket masuk Taman ini Rp. 5.000 untuk wisatawan domestic dan Rp. 15.000 untuk wisatawan mancanegara, serta Rp. 3.000 untuk tambahan kartu izin membawa kamera.

Ada 4 area utama di Taman Sari. Danau buatan di daerah barat, Kolam Umbul Binangun di sisi selatan danau buatan. Kemudian, Pasarean Ledok Sari dan kolam Garjiwati di selatan Umbul Binangun. Dan di sisi timur danau buatan, ada sebuah pulau dengan jembatan gantung.

Setiap sudut tempat di taman ini bisa dijadikan spot foto terbaik untuk kalian yang mengunjunginya. Apalagi untuk para pemburu foto yang tertarik akan latar bangunan tua yang menyimpan banyak history.

Taman Sari YogyakartaTaman Sari Yogyakarta Foto: (Rofika Dwi/d'traveler)

Tempat ini juga sering di gunakan untuk para fotografer weeding sebagai latar tempat yang menarik, karena area bangunan tua yang sangat jarang dan unik menjadi nilai tambah akan hasil fotonya.

Taman Sari buka Setiap hari Senin - Minggu jam 09:00 - 04:00 sore. Untuk mendapatkan pemotretan yang lebih baik, pastikan untuk datang sedini mungkin.

Beberapa tempat yang ditinggalkan akan menjadi bingkai yang sempurna untuk pemburu foto. Jadi jika kalian para traveler datang ke kota Yogyakarta, maka sempatkanlah untuk mengunjungi Taman Sari ini.

-----

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Rofika Dwi dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Ratusan Rumah di Pangkalpinang Terendam Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA