Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Agu 2020 14:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Kuliner Khas Bangka Belitung yang Enak Banget!

Williem
detikTravel
5 Kuliner Khas Bangka Belitung yang Enak Banget!
Foto: Williem/d'Traveler
Jakarta -

Wisata Bangka Belitung tidak hanya menawarkan keindahan pantainya saja, lo. Tetapi, wisata kuliner Bangka Belitung yang khas dan bervariasi jangan dilewatkan.

Saat ingin berlibur ke Bangka Belitung, traveler bakal memikirkan pantai yang indah dan museum kuno, bukan? Padahal, wisata Babel mempunyai lebih dari itu.

Bangka Belitung juga memiliki kuliner khas yang dapat memanjakan lidah dan membangunkan selera makan traveler yang berkunjung. Mau tahu apa saja kuliner khas Bangka?

Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Bangka yang wajib kamu cicipi saat berlibur ke Bangka.

1. Lempah Kuning

Kuliner khas Babel: Lempah KuningKuliner khas Babel: Lempah Kuning Foto: Williem/d'Traveler

Saat berlibur ke Bangka, traveler wajib mencoba kuliner satu ini, terutama bagi pecinta masakan laut. Lempah Kuning adalah masakan kuah yang kaya akan rempah rempah, seperti kunyit, lengkuas, terasi, dan cabai. Sedangkan bahan utamanya adalah hasil olahan laut seperti ikan kakap merah atau ikan tenggiri.

Selain itu, lempah kuning juga mempunyai topping berupa potongan nanas untuk memperkaya rasa dalam lempah kuning. Kamu dapat mencicipi kuliner satu ini di restoran Lempah Kuning Adiela di Jl. Fatmawati, Selindung Baru, Kec. Gabek, Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung 33172.

2. Bakmi Bangka

Kuliner khas Babel: Bakmi BabelKuliner khas Babel: Bakmi Babel Foto: Williem/d'Traveler

Siapakah di sini yang menyukai masakan berbahan dasar mie tapi merasa bosan dengan masakan seperti itu itu saja? Kuliner khas Bangka satu ini mempunyai jawabannya. Bakmi Bangka adalah kuliner khas dengan bahan dasarnya adalah mie dengan bahan tambahan yang kaya, seperti potongan ayam kecap, baso ikan, seafood, baso tahu, pangsit, tauge, dan sayur caisim.

Keunikan dari bakmi Bangka ini juga adalah kuah yang terbuat dari ikan sehingga mempunyai perpaduan rasa yang sangat menyenangkan lidah dan selera. Tapi jika kamu suka dengan masakan kering, bakmi Bangka juga mempunyai bakmi goreng. Bakmi Bangka juga terasa nikmat dengan perpaduan saus cabai pedas khas pulau Bangka. Bakmi Bangka dapat kamu temui di restoran Bakmi Asu yang beralamatkan di Jalan Pasir Padi, Girimaya, Pangkal Pinang, Bangka Belitung 33684.

3. Otak otak Bangka

Kuliner khas Babel: Otak-otakKuliner khas Babel: Otak-otak Foto: Williem/d'Traveler

Apabila Palembang mempunyai Pempek Kapal Selam, maka Bangka mempunyai Otak otak sebagai panganan khas. Otak otak Bangka ini sekali lagi berbahan dasar ikan, yaitu ikan tenggiri. Otak otak Bangka umumnya dibungkus dengan daun pisang sebelum dibakar dan mempunyai ukuran lebih kecil dari otak otak daerah lain.

Akan tetapi, perbedaan terbesar Otak otak Bangka dengan yang lainnya adalah cita rasa ikan yang menyatu di setiap otak otak dan dipadukan dengan sambal atau saus yang disediakan, yaitu saus sambal asam, saus sambal biasa, dan sambal terasi dengan perasan jeruk nipis. Otak otak Bangka dapat kamu cobain di restoran Otak Otak Ase di jl. Kampung Bintang No. 149, Bintang, Kec. Rangkui, Pangkal Pinang, Bangka Belitung 33684.

4. Sambal Rusip

Berlibur ke Bangka belum lengkap apabila kamu belum cobain sambel khas Bangka satu ini, yaitu Sambal Rusip. Sambal rusip merupakan sambal yang terbuat dari ikan yang difermentasi bersama garam dan gula merah selama minimal tujuh hari. Jika fermentasi ikannya sudah mengeluarkan bau asam maka menandakan proses fermentasi selesai.

Setelah itu ikan dicampur dengan jeruk kunci, bawang merah, dan cabai. Hal tersebut membuat sambal rusip mempunyai cita rasa asam manis dengan aroma yang kuat. Itulah mengapa sambal rusip menjadi hidangan yang pas sebagai cocolan lauk utama dengan tujuan menggugah selera makan kamu. Sambal rusip biasanya diolah bersama ikan dan sayur mayor seperti mentimun, terong, dan selada. Kamu dapat mencari sambal rusip di toko toko khas Bangka atau pedagang keliling yang menjualnya.

5. Kemplang

Cemilan satu ini kerap kali menjadi sasaran para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh yang pas. Cemilan kemplang adalah makanan sejenis kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri. Aroma ikan pada kerupuk kemplang sangat tercium saat kemasan kemplang dibuka. Perbedaan kemplang Bangka dengan yang kemplang daerah lainnya adalah bentuknya yang bulat dan pipih dengan ukuran yang tidak begitu lebar.

Selain itu, kemplang juga dimakan bersama dengan sambal terasi bercita rasa pedas manis khas Bangka yang biasanya disertakan langsung dalam satu plastic kemplang. Saat ini, kemplang juga mempunyai varian rasa, seperti udang dan cumi-cumi dengan harga sekitar Rp 20.000. Kerupuk kemplang dapat kamu temui di toko oleh- oleh khas Bangka ataupun pedagang keliling.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Bangka yang wajib kamu cobain dan bawa pulang saat liburan di Bangka. Pastikan kamu cobain semua kulinernya gak bakal meyesal kok.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Williem dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Buaya 'Raksasa' Diangkut Buldoser, Gagal Dievakuasi Karena Aturan Adat"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA