Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Agu 2020 19:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menikmati Keindahan dan Kesejukan Kebun Teh Kaligua Brebes

Joko Argo
detikTravel
Kebun Teh Kaligua Brebes
Kebun Teh Kaligua. (Foto: Joko Argo/d'traveler)
Brebes -

Traveler yang ingin menikmati pemandangan dan mencari udara segar bisa pergi ke Kebuh Teh Kaligua, Brebes. Di sana traveler akan melihat pemandangan perkebunan teh yang sangat luas dan juga view Gunung Slamet.

Kawasan ini berlokasi di perkebunan teh kaligua di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Kawasan ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, namun tempat ini menawarkan berbagai sejarah yang sampai sekarag masih terawat, salah satunya Goa Jepang yang berada di Tuk Bening yang berlokasikan di tengah-temgah perkebunan teh.

Ketika pagi hari kalian bisa menikmati udara segar dengan pemandangan yang indah. Traveler juga dapat melihat sunrise dengan view Gunung Slamet dari puncak Sakub dan sunset dari ketinggian 2050 mdpl yang menyajikan panorama keindahan Perkebunan Teh Kaligua serta Gunung Cermai ketika cuaca bagus.


Di balik semuanya itu, traveler juga bisa menginap, karena disana juga memfasilitasi dengan adanya penginapan yang berada di perkebunan teh, dengan biaya yang terjangkau sehingga traveler bisa menikmati udara segar dan menikmati panorama kebun teh.

Setiap pagi hari traveler bisa melihat para pekerja yang selalu memetik teh dan bisa melihat bagaimana cara pengolahan teh yang biasa kita minum dan juga bisa ikut memetik teh secara langsung.

Kebun teh ini bisa kita tempuh 20 menit dari pertigaan kaligua (dekat Flyover Kretek). Kawasan ini berada di ketinggian 1500-2050 mdpl sehingga sering turun kabut dan suhu udara di sana berkisar 5-20 derajat celcius.

Perkebunan Teh Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Kebun ini mulai didirikan pada tahun 1889 oleh Cultur Onderneming dari Belanda.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Joko Argo dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Latihan Crosser Handal, Brebes"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA