Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jun 2020 12:55 WIB

TRAVEL NEWS

Hamparan Hijau Kebun Teh Kaligua dan Kisah Seram Gua Jepangnya

kebun Teh Kali Gua
Foto: ivan satriyadi pratama/d'Traveler
Tegal -

Kebun Teh Kaligua menjadi destinasi favorit warga Bumiayu di Jawa Tengah dan sekitarnya. Hawanya sejuk, ada kisah seram di Gua Jepangnya.

Bagi masyarakat Bumiayu dan sekitarnya, Kebun Teh Kaligua ini tidak asing. Kebun teh yang ada Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah itu mempunyai pemandangan yang sangat indah. Udara dan hawanya yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Tempatnya yang berada di lereng Gunung Slamet memiliki ketinggian ±1.500 sampai 2.050m di atas permukaan laut (mdpl). Wisata ini hanya bisa ditempuh lewat satu jalur saja yaitu dari arah utara (Tegal) dan arah utara (Purwokerto). Patokannya flyover Kretek lalu belok kanan dan menempuh jarak sekitar 15 km.

Wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp.20.000, cukup terjangkau bagi siapapun yang ingin berkunjung bersama teman, keluarga, atau bahkan pasangan. Di dalamnya bukan hanya ada kebun teh, namun banyak tempat-tempat bersejarah seperti Goa Jepang, Telaga Ranjeng, Puncak Sakub, dll.

Nah, di Gua Jepang itu menyimpan kisah tragis pejuang Indonesia. Gua sepanjang 850 meter yang menembus perbukitan di tengah perkebunan itu digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Jepang dari serangan musuh.

Selain diperuntukkan sebagai tempat persembunyian, gua itu juga menjadi tempat pembantaian romusha maupun penduduk di Brebes dan sekitarnya yang dianggap memberontak kepada pemerintahan militer Jepang.

gua jepang di brebesgua jepang di brebes Foto: Muhammad Idris/detikcom

Kebun Teh Kaligua ini merupakan milik PTPN IX dan didirikan pada tahun 1889 oleh Cultur Onderneming dari Belanda. Untuk perwakilan Indonesia ditunjuk Fan Jhon Pletau co, dan dikelola oleh seorang pengusaha bernama Van De Joeng (baca Van Di Yong).

Selain menawarkan keindahan alam pegunungan, agro wisata kebun teh Kaligua juga menyediakan fasilitas seperti penginapan, gedung pertemuan, areal camping ground, dan lapangan sepak bola. Bagi yang suka tantangan bisa mencoba flyng fox dan paralayang,

Untuk saat ini masih belum bisa dikunjungi dikarenakan peraturan PSBB dari pemerintah mengingat pandemic COVID-19 ini belum selesai. Selesai pandemic cocok banget deh untuk pergi liburan ke Kebun Teh Kaligua!


Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, ivan satriyadi pratama , dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Menuruni Kecuraman Lereng Gunung Krakatau, Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA