Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Agu 2020 11:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lagu Daerah dan Asalnya di Indonesia: Soleram hingga Bubuy Bulan

Lusiana Mustinda
detikTravel
Beautiful young mother with her daughter celebrating indonesia independence day by raising flag under the sunset sky
Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Lagu daerah dan asalnya di Indonesia tentu perlu kita ketahui. Perkembangan zaman yang cepat membuat sebagian besar lupa akan budaya daerahnya sendiri.

Indonesia memiliki banyak daerah yang kaya akan budaya serta lagu khas daerah. Setiap daerah memiliki ciri khas lagu. Misalnya saja bungong jeumpa dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Soleram dari Riau.

Dalam sejarahnya, mulai abad ke-2 sebelum Masehi diawali dari daerah Tiongkok dan Mesir, musik sudah mulai muncul walaupun masih tradisional, sampai akhirnya muncul musik Hibrani yang kemudian menjadi musik gereja kristen.

Di Italia dan Belanda pada abad 15 dan 16 tulisan tentang musik sudah mulai berkembang dengan pesat yang menjadi permulaan tulisan musik yang dipakai sekarang. Mulai abad ke-19 muncul rasa kebangsaan mulai muncul dan berkembang sehingga dibuat lagu kebangsaan masing-masing negara termasuk di Indonesia.

Berikut beberapa lagu daerah dan asalnya lengkap dengan liriknya:

1. Bungong Jeumpa - Nanggroe Aceh Darussalam

Lagu daerah yang berasal dari Aceh ini berjudul Bungong Jeumpa. Diciptakan oleh Ikhtisar Radja Jeumpa menceritakan tentang bunga cempaka yang masyhur di provinsi Aceh. Bunga tersebut terkenal sangat indah dan sangat menawan saat sedang mekar.

Bungong jeumpa bungong jeumpa meugah di Aceh // Bungong teuleubeh, teuleubeh indah lagoina // Bungong jeumpa bungong jeumpa meugah di Aceh // Bungong teuleubeh, teuleubeh indah lagoina

Lam sinar buleun lam sinar buleun angeen peu ayon // Luroh meususon, mesuson nyang mala-mala // Lam sinar buleun lam sinar buleun angeen peu ayon // Luroh meususon, mesuson nyang mala-mala

Keubit that meubee meunoe tatem com // Leupah that harom si bungong jeumpa // Keubit that meubee meunoe tatem com // Leupah that harom si bungong jeumpa

2. Soleram - Riau

Lagu daerah ciptaan Muhammad Arief ini bercerita tentang cinta dan persahabatan, arti lainnya juga merupakan pesan orang tua kepada sang anak untuk menjaga tali silahturahmi dengan siapapun.

Liriknya cukup pendek dengan irama yang mendayu-dayu sangat mudah untuk di hafal.

Soleram // Soleram // Soleram // Anak yang manis // Anak manis janganlah dicium sayang // Kalau dicium merah lah pipinya // Satu dua // Tiga dan empat // Lima enam // Tujuh delapan // Kalau tuan dapat kawan baru sayang // Kawan lama ditinggalkan jangan

3. Ampar-Ampar Pisang - Kalimantan Selatan

Lagu ciptaan Hamiedan AC ini cukup populer di Indonesia. Lagu yang berasal dari daerah Kalimantan ini menceritakan tentang pisang yang dikerubuti binatang kecil, binatang ini di Kalimantan disebut dengan bari-bari. Pada zaman dahulu lagu ini digunakan untuk menakuti anak kecil yang suka mencuri pisang yang masih dalam proses penjemuran.

Ampar ampar pisang // Pisangku balum masak // Masak bigi di hurung bari-bari // Masak bigi di hurung bari-bari

Manggalepak manggalepok // Patah kayu bengkok // Bengkok dimakan api // apinya cang curupan // Nang mana batis kutung // Dikitipi dawang (2x)

Ampar ampar pisang // Pisangku balum masak // Masak bigi di hurung bari-bari // Masak bigi di hurung bari-bari

4. Jali-Jali - Jakarta

Jakarta juga memiliki lagu daerah yang tak kalah populer. Lagu daerah ini belum diketahui persis siapa penciptanya, namun M. Sagi berhasil mempopulerkan lagu daerah ini.

Lagu yang merupakan jalinan pantun yang dipadukan nada dan musik riang yang berfungsi untuk penghibur hati yang sedang berduka atau sedih.

Ini dia si jali-jali // Lagunya enak lagunya enak merdu sekali // Capek sedikit tidak perduli sayang // Asalkan tuan asalkan tuan senang di hati

Palinglah enak si mangga udang // Hei sayang disayang pohonnya tinggi pohonnya tinggi buahnya jarang // Palinglah enak si orang bujang sayang // Kemana pergi kemana pergi tiada yang melarang

Disana gunung disini gunung // Hei sayang disayang ditengah tengah ditengah tengah kembang melati // Disana bingung disini bingung sayang // Samalah sama samalah sama menaruh hati

Jalilah jali dari cikini sayang // Jali-jali dari cikini // Jalilah jali sampai disini

5. Janger- Bali

Lagu daerah Bali Janger adalah lagu yang diciptakan oleh I Gede Dharna. Janger sendiri dikenal sebagai tarian pergaulan rakyat Bali. Dalam tariannya, penari saling berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Selain lagu berjudul Janger karya I Gede, ada juga lagu dengan judul 'Janger 1897 Saka' yang diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra.

Lirik lagu Janger:

Ara sijang jangi janger ko pyak epong // Ara sijang jangi janger ko pyak epong // Kopyak sledet kopyak sledet pak de dut sir // Kopyak sledet kopyak sledet pak de dut sir.

Ara sijang jangi janger ko pyak epong // Ara sijang jangi janger ko pyak epong // Kopyak sledet kopyak sledet pak de dut sir // Kopyak sledet kopyak sledet pak de dut sir // Sreyag sreyog ngiringme jangeran dijaba tengahe.

Ara sijang jangi janger ko pyak epong // Ara sijang jangi janger ko pyak epong.

6. Bubuy Bulan - Jawa Barat

Bubuy bulan merupakan lagu daerah yang berasal dari Jawa Barat. Ini lirik lagunya: Bubuy bulan // Bubuy bulan sangray bentang // Panon poe // Panon poe disasate // Unggal bulan, unggal bulan // Unggal bulan abdi teang // Unggal poe,unggal poe.

Unggal poe oge hade // Situ Ciburuy // laukna hese dipancing // Nyeredet hate // Ningali ngeplak caina // Duh eta saha nu ngalangkung // unggal enjing // Nyeredet hate // Ningali sorot socana.

Itulah beberapa lagu daerah dan asalnya dari Indonesia beserta lriiknya yang bisa kamu nyanyikan bersama-sama.



Simak Video "Lagi Viral! Yamko Rambe Yamko Bukan Lagu dari Papua?"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA