Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Agu 2020 12:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kangen Gunung Rinjani? Ini Jalur Baru Untukmu

Yoseph Amada Novian
detikTravel
Danau Segara Anak
Danau Segara Anak (Yoseph Amada Novian/d'Traveler)
Jakarta -

Keindahan Gunung Rinjani memang tiada duanya. Lewati jalur baru bernama Senaru, pendaki bisa melihat keindahan Rinjani dari sisi lain.

Jalur senaru adalah salah satu favorit untuk melewati Gunung Rinjani untuk dilewati. Jalur yang di lewati dimulai dari Jebak Gawah (Batas Kawasan TNGR), di sepanjang ini pendakian menikmati hutan yang sangat belantara nan sejuk yang berbeda dengan perkotaan.

Savana yang sangat luas dan bebatuan yang menakjubkan sesekali terlihat, pendaki dapat melihat satwa seperti burung, monyet ekor panjang dan lutung.

Namun, akibat gempa pada beberapa tahun lalu yang menyebabkan kerusakan para pada jalur ini, jalur yang biasanya melewati tidak bisa dilewati karena longsor dan shelter-shelter yang rusak yang diakibatkan dampaknya gempa.

Yang paling terdampak akibat gempa adalah jalan yang menuju Danau Segara Anak, tebing bebatuan yang begitu kokoh pun mengalami longsor sehingga tidak bisa dilewati sama sekali.

Pihak BTNGR serta melakukan untuk perbaikan namun sangat sulit dilewati dengan berbagai cara. Di sela-sela upaya perbaikan jalur, muncullah ide untuk membuat jalur baru ini, jalur inilah yang akan dilewati oleh para pendaki Sobat salam lestari menuju Danau Segara Anak.

Jalur ini adalah harapan baru untuk pendakian yang mengobati rasa rindu Rinjani nan alam sejuk yang tertunda akibat adanya COVID-19.

-----

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Yoseph Amada Novian dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Teriakan Gembala Pemanggil Sapi Desa Sembalun Rinjani Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA