Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Agu 2020 20:29 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

SvargaBumi, Persawahan Keren di Dekat Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
SvargaBumi
SvrgaBumi (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Tak jauh dari Candi Borobudur, ada destinasi baru yang instagrammable. Pengunjung bisa selfie atau foto-foto di tengah persawahan yang ada.

Destinasi wisata ini bernama SvargaBumi yang berada di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi ini menyediakan spot selfie yang berada di persawahan.

Di lokasi ini tersedia 20 sampai 22-an spot selfie yang ada. Untuk memasuki destinasi ini cukup membeli tiket masuk, khusus bulan Agustus ada promo bagi dewasa sebesar Rp25.000 dan anak-anak Rp 15.000. Pengunjung bisa sepuasnya untuk selfie maupun foto-foto.

Adapun untuk hari biasa buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 06.30 sampai 18.00 WIB. Saat pandemi ini ada pembatasan jumlah pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengunjung. Kemudian, saat pandemi ini khusus hari Kamis, libur.

SvargaBumiSvargaBumi Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Alasan dipilihnya nama SvargaBumi, pengelola menginginkan agar lokasi ini menjadi tempat yang indah selayaknya svarga. Selain itu, pengelola tetap mengedepankan dengan konsep alam dan yang menjadi daya tarik utama Candi Borobudur. Untuk itu, SvargaBumi bisa menjadi alternatif wisata.

"SvargaBumi itu, kita bercita-cita semoga tempat ini indah selayaknya surga. Kita berangkat dari konsep alam, jadi dari riset, dari survei lokasi memang sebenarnya daya tarik utamanya dari Borobudur. Kita ingin menambah wisata alternatif di daeah Borobudur. Karena selama ini, kan terpusat di Borobudur. Nah, setelah kita pelajari lingkungan, konsep-konsep desain, kita ada sawah. Dan kebetulan, kita lihat kemana-mana juga kayaknya kok masih kurang begitu banyak yang wisata sawah. Jadi akhirnya kita menemukan ini, kita pinginnya menjadi sawah modern," kata salah satu Owner SvargaBumi, Putranto Cahyono saat ditemui di lokasi, Rabu (12/8/2020).

Pihaknya mengatakan, spot-spot yang modern, namun tidak merusak lingkungan. Kemudian, mengatur pola tanam sawah yang ada. Untuk saat berada ini, bisa menemukan tanaman padi yang sudah mulai berbuah, namun ada juga yang masih mulai ditanam.

"Kita dengan spot-spot modern, tetapi tidak merusak lingkungan dan kita memang dengan pola tanam yang kita atur juga. Jadi, memang kita kerjasama dengan masyarakat, kan kita sewa. Jadi ada yang baru tanam, jadi berkesinambungan. Jadi nanti situasi akan selalu berubah, ada yang panen, disini agak dewasa seperti itu. Konsepnya sederhana, jadi kita pingin kembali ke alam, kemudian kita sesuaikan dengan lokasi tersedia. Kita maksimalkan untuk menambah alternatif wisata yang ada di Magelang. Sebenernya kuncinya ini, Borobudur," katanya.

Sekalipun baru buka, Sabtu (8/8), namun antusias pengunjung cukup tinggi. Untuk per harinya rata-rata pengunjung sampai 100 orang yang datang dari berbagai daerah. Pengunjung yang datang memanfaatkan lokasi spot selfie yang ada.

SvargaBumiSvargaBumi Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Selain bisa selfie dengan latar belakang Candi Borobudur, kemudian pengunjung bisa melihat keindahan pegunungan Menoreh yang ada. Kemudian, waktu yang baik untuk datang pada pagi atau sore hari biar tidak kepanasan.

"Pengunjung wajib bermasker, cuci tangan, jaga jarak. Rata-rata dari Jogja, Semarang, Purworejo, Sulawesi juga ada, terus Malang kemarin. Kebanyakan pengunjung mengetahui dari medsos," tuturnya.

Salah satu pengunjung Vita mengaku, suasananya bagus dan indah. Kemudian, penyambutan terhadap pengunjung ramah sekali.

SvargaBumiPutranto Cahyono, salah sati pemilik SvargaBumi Foto: (Eko Susanto/detikcom)

"Tadi perjalan dari Kutoarjo sampai sini seru sekali. Suasana bagus dan indah, sejuk kalau sore. Penyambutan terhadap pengunjung dengan ramah," ujar Vita yang asal Kalimantan.

Ia tahu keberadaan SvargaBumi dari temannya di Kutoarjo. Lokasi yang dekat Candi Borobudur ini bisa menjadi alternatif wisata dan berharap agar kebersihan tetap terjaga. "Wisata alternatif. Kebersihan dijaga. Menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.



Simak Video "SvargaBumi Borobudur, Wisata Magelang yang Gandeng Petani Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA