Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Agu 2020 10:34 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Timor Tengah Selatan, Destinasi Wisata Kebanggaan NTT

Ini Lho Keindahan TTS yang Wajib Kamu Tahu
Foto: Honing Alvianto Bana
Jakarta -

Timor Tengah Selatan merupakan salah satu daerah di NTT yang terkenal akan pesona wisatanya. Daerah ini menjadi perbincangan usai Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan pada Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-75.

Nah untuk lebih mengenal keindahan di Timor Tengah Selatan, ini daftar destinasi yang bisa kamu kunjungi.

1. Hutan Bonsai Fatumnasi

Hutan bonsai ini terletak di lereng Gunung Mutis yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Timor. Hutan bonsai ini tepatnya berada di Desa Fatumnasi, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Daerah ini memiliki ketinggian 1.500-2.500 mdpl dengan suhu rata rata 12-19 Celcius. Daerah Ini juga merupakan daerah terdingin di tengah panas dan teriknya Pulau Timor.

Jika kalian berada hutan bonsai ini, kalian juga bisa menikmati bentangan alam yang terhampar di setiap sudut tempat ini. Lereng Mutis ini juga sangat jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota, sehingga tempat ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menenangkan pikiran saat liburan.

2. Desa Fatuulan

Desa Fatuulan atau disebut desa di atas awan. Desa ini terletak di Kecamatan Ki'e, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Perjalanan ke sana terbilang jauh sekitar 70-80 km dari Kota Soe dan terletak di atas gunung sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Kita akan melewati sebuah hutan hujan tropis yang sangat lebat yang menghiasi separuh Gunung Fatuulan. Jam 10 pagi kabut mulai turun menyelimuti seluruh hutan hal ini bisa berlangsung sampai sore hari.

Dari lereng Gunung Fatuulan kita bisa langsung melihat hamparan Laut Timor, garis tepi pantai dengan pasir putihnya, melihat kawasan Pantai Kolbano yang terkenal dengan batu-batu putihnya yang licin, jalan penghubung antar desa yang nampak seperti garis. Kita juga bisa melihat liuk-liuk sungai. Inilah yang akan kita jumpai ketika berada di Desa Fatuulan.

3 Bukit Bikium

Perbukitan di sekitar Desa Leloboko ini menawarkan pemandangan yang sangat-sangat menakjubkan. Bukit Bikium ini berada di desa Leloboko, kecamatan Molo Utara, kabupaten TTS. Untuk mencapai tempat ini, kalian bisa menempuh perjalanan sekitar 40-an kilometer dari jantung Kota Soe.

3. Pantai Oetune

Jika kamu ingin melakukan piknik keluarga, datanglah ke Pantai Oetune di Kabupaten TTS. Pantai yang indah ini menyajikan hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer.

Di tempat ini kamu akan merasa sedang berada di tengah gurun. Pantai ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat berselancar karena ombak di pantai ini mencapai ketinggian 4-7 meter. Kamu tertarik? Silahkan datang dan nikmati keindahan Pantai Oetune.

4. Air Terjun Oehala

Berjarak sekitar 13 Km dari Soe, Ibu Kota Timor Tengah Selatan, terdapat air terjun yang unik dan cantik. Namanya adalah Air Terjun Oehala. Aliran air di Oehala datang dari Gunung Mutis. Karenanya ia sungguh jernih dan bersih. Selain itu, air terjun ini juga memiliki pola bertingkat yang terbentuk secara alami. Keberadaannya dilingkupi rimbun pepohonan, sehingga udara di sekitar sini benar-benar segar! Tidak terlalu jauh dari pusat kota, akses menuju air terjun ini cukup mudah.

5. Pantai Boisae

Pantai Boisae atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Pantai Apot, berada di Desa Naulunat, Kotolin. Ia berjarak sekitar satu jam dari Pantai Kolbano. Bentang alam Pantai Apot tidak kalah cantik. Ia kaya dengan bebatuan besar di pesisirnya. Persis seperti yang ada di Belitung sana. Airnya biru menyegarkan, menyenangkan sekali untuk liburan!

6. Puncak Mutis

Pernahkah kamu ke cagar alam Gunung Mutis? Jika pernah ke tempat ini, kamu pasti menemukan bentangan alam nan luas dan indah. Cagar alam ini berada pada ketinggian 2427 meter di atas permukaan laut. Tempat ini terletak di Kecamatan Tobu, Kabupaten TTS.

Di tempat ini kamu bisa menikmati panorama hutan hijau yang luas dengan pepohonan dan berbagai macam satwa endemik seperti Rusa, Kuskus, Babi Hutan, Biawak, Ular Sanca, Ayam hutan, Punai Timor, Betet, Perkici dada kuning dan lain sebagainya. Datanglah ke Gunung Mutis jika kamu ingin menikmati keindahan alam yang menyenangkan.

Itulah beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi di Timor Tengah Selatan. Oh iya, kabupaten ini juga masih memiliki sejumlah tempat-tempat wisata yang bisa kalian kunjungi seperti: air terjun Toinoah, air tagepe, Bukit Anifu, Fatukopa, Pantai Boking, Taman Bu'at, Nifubibi, Pantai Kolbano, dan lain-lain.

Akses ke Kabupaten Timor Tengah Selatan ini sangat mudah. Kalau dari Kota Kupang, kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan menggunakan kendaraan.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Honing Alvianto Bana, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.

Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Jokowi: Labuan Bajo Siap Menyambut Kedatangan Para Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA