Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Agu 2020 14:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lihat Yuk Megahnya 6 Istana Negara di Jatim Park 3

Muhammad Machrojan
detikTravel
Lihat Yuk Megahnya 6 Istana Negara di Jatim Park 3
Foto: Muhammad Machrojan/d'traveler
Jakarta -

Sebelum mengunjungi setiap istana negara secara langsung, traveler bisa nih melihat replikanya di di wahana The Legend Star Jatim Park 3. Selain punya desain megah, istana di setiap negara juga punya sejarah yang menarik.

1. Istana Negara dan Istana Merdeka Indonesia

Kompleks Istana Merdeka dan Istana Negara luasnya mencapai 6,8 hektar dan berada di jantung ibu kota negara. Istana Merdeka merupakan tempat resmi kediaman dan kantor presiden Indonesia yang letaknya menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas) Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

Tercatat sejumlah presiden pernah tinggal di sana yakni Soekarno, Abdurrahman Wahid, dan Joko Widodo sebelum kemudian pindah ke Istana Bogor.

Kepala negara dan kepala pemerintahan dari seluruh dunia telah mengunjungi Istana Merdeka, antara lain Sri Pandit Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri Indira Gandhi, Ratu Elizabeth, Ratu Juliana, Raja Norodom Sihanouk, Jaksa Agung Robert Kennedy, Presiden Nelson Mandela, Kanselir Helmut Kohl, Presiden Bill Clinton, Putri Diana, dan Presiden Obama.

2. The White House (Gedung Putih) Amerika Serikat

Gedung Putih dibangun pada tahun 1790-an dan selesai pada tahun 1800-an. Pemerakarsanya sendiri adalah George Washington sang presiden AS pertama.

Setidaknya ada beberapa presiden yang menempati White House. Dimulai dari penghuni pertama Gedung Putih yaitu Presiden Franklin D. Roosevelt hingga Donald Trump.

3. Istana Buckingham Inggris Raya

Awalnya mendapat sebutan 'Rumah Buckingham' dan Ratu Victoria merupakan Ratu Inggris pertama yang menempati Istana Buckingham.

Dengan total seluruh lahan 39 hektar, Istana Buckingham memiliki banyak kamar dan ruangan lainnya, yang jika ditotal bisa mencapai 775 kamar. Dari 775 kamar tersebut, 188 kamar adalah kamar tidur staf, 92 kamar untuk kantor, 52 kamar tidur kerajaan dan tamu, 78 kamar mandi, dan 19 kamar merupakan kamar negara.

4. The Imperial Palace Park Tokyo

Istana Kekaisaran Tokyo juga bisa kamu lihat di Jatim Park 3. Istana ini adalah tempat tinggal utama dari Kaisar Jepang.

Tempat ini adalah sebuah area seperti taman besar yang terletak di wilayah tertutup Chiyoda, Tokyo sampai Stasiun Tokyo dan berisi beberapa bangunan termasuk istana utama tempat tinggal pribadi keluarga kekaisaran, tempat pengarsipan, museum dan kantor administratif.

Istana Kekaisaran Tokyo berbentuk persegi panjang, dengan panjang 450 meter dari utara ke selatan dan 250 meter dari timur ke barat, seluas sekitar 110.000 meter persegi. Istana Kekaisaran Tokyo ini memiliki enam gerbang, termasuk gerbang utama Kenreimon.

Selama ini kompleks istana hanya dibuka untuk wisatawan dua kali dalam setahun, yakni pada 2 Januari saat perayaan Tahun Baru dan pada 23 Desember saat ulang tahun kaisar. Tanggal tersebut menjadi hari libur nasional di Jepang.

Kini, di area taman Istana Kaisar Jepang, kita bisa jogging ringan atau bersepeda mengitari jalan sekeliling taman. Pada hari Minggu atau hari libur disediakan 150 sepeda yang dipinjamkan gratis untuk para wisatawan yang ingin melihat keindahan taman Istana Kekaisaran Tokyo kembali menjadi sorotan saat Kaisar Akihoto turun takhta

5. The Forbidden City China

Forbidden City terletak persis di tengah-tengah kota kuno Beijing, merupakan istana kerajaan selama periode Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Dikenal sebagai 'Museum Istana', lokasi ini memiliki luas sekitar 720,000 meter persegi, 800 bangunan dan lebih dari 8.000 ruangan.

Kota Terlarang oleh UNESCO disebut merupakan koleksi terbesar struktur kayu kuno di dunia, dan terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987 sebagai 'Istana Kerajaan Dinasti Ming dan Qing'.

Lokasi istana kerajaan berada di utara dari lapangan Tiananmen dan dapat diakses dari lapangan tersebut melalui Gerbang Tiananmen. Lokasi tersebut dikelilingi oleh suatu wilayah luas yang disebut Kota Kerajaan.

6. Istana Gyeongbok Korea Selatan

Adalah sebuah istana yang terletak di sebelah utara kota Seoul (Gangbuk), Korea Selatan. Istana ini termasuk dari lima istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon.

Berdiri di wilayah seluas 410.000 meter persegi, Istana Gyeongbok adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Setelah pembunuhan Maharani Myeongseong oleh mata-mata Jepang pada tahun 1895, Raja Gojong meninggalkan istana ini bersama anggota keluarganya yang lain dan tidak akan pernah kembali.

Pada tahun 1911, pemerintahan Jepang yang sedang menjajah Korea menghancurkan semua bangunannya kecuali 10 bangunan utama, dan membangun bangunan Pemerintahan Utama Jepang untuk Gubernur Jenderal Korea di depan Ruangan Tahta.

Bangunan utama dari Istana Gyeongbok termasuk Geunjeongjeon, Ruangan Tahta Raja (yang merupakan harta nasional Korea Selatan nomor 223) dan Paviliun Gyeonghoeru (harta nasional nomor 224) yang memiliki kolam bunga teratai dan 48 buah tiang tonggak granit. Istana Gyeongbok saat ini dibuka untuk umum dan Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea) berdiri di dalamnya.

Semua wahana ini dapat dinikmati dengan membeli tiket single atau pun tiket paket di The Legend Star Jatim Park 3 yang terdapat di daerah wisata dataran tinggi Kota Batu, Jawa Timur.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Muhammad Machrojan , dan sudah tayang di d'Travelers Stories.

Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.

---

Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia



Simak Video "Tantangan Sulit Menuju Puncak, Welirang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA