Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Agu 2020 18:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Fakta Istana Merdeka, Tempat Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia

Putu Intan
detikTravel
Simulasi upacara pengibaran bendera di halaman Istana Merdeka, Jakarta.
Istana Merdeka. (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Setiap tanggal 17 Agustus, kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Pada hari itu akan dilakukan Upacara Peringatan HUT RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta.

Ternyata selain digunakan untuk upacara, Istana Merdeka memiliki sejumlah fungsi lainnya lho. Selain itu, Istana Merdeka juga menyimpan berbagai fakta unik lainnya.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, inilah 7 fakta Istana Merdeka. Disimak, ya!

1. Terletak di jantung ibu kota Indonesia

Tak sulit menemukan Istana Merdeka. Istana ini terletak di seberang Monumen Nasional (Monas) tepatnya Jalan Merdeka Utara, Jakarta.

Istana Merdeka juga terletak dalam satu komplek dengan Istana Negara. Kedua bangunan ini juga dilengkapi taman dan lapangan sehingga total luasnya mencapai 6,8 hektar.

2. Berdiri sejak zaman Belanda

Istana Merdeka didirikan mulai 1873. Pengerjaan itu dipimpin arsitek Drossares pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Louden. Bangunan itu baru rampung pada 1879 pada masa Gubernur Jenderal Johan Willem van Landsbarge.

Sebelum kemerdekaan, Istana Merdeka pernah dihuni 15 Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Kemudian pada masa Jepang juga pernah dihuni 3 Panglima Tertinggi tentara XVI Jepang di Jawa.

3. Menjadi tempat tinggal Presiden RI

Selain menjadi tempat berlangsungnya berbagai acara kepresidenan, Istana Merdeka juga menjadi rumah bagi Presiden RI dan keluarganya. Namun hanya beberapa presiden yang benar-benar tinggal di Istana Merdeka yaitu Sukarno, Abdurrahman Wahid, dan Joko Widodo, sebelum ia pindah ke Istana Bogor.

4. Dulu bernama Istana Gambir

Sebelum disebut Istana Merdeka, bangunan istana itu dinamai Istana Gambir. Ini karena istana terletak di kawasan Gambir.

Lantas mengapa namanya diubah menjadi Istana Merdeka?

Sejarahnya, tahun 1949 diadakan pengakuan kedaulatan kemerdekaan Indonesia oleh Pemerintah Belanda. Di saat yang sama, bendera Merah Putih pertama kalinya berkibar di sana.

"Kala itu, masyarakat yang menyaksikan pengibaran bendera Merah Putih berteriak 'Merdeka, merdeka!' Sejak itulah, Presiden Sukarno mengganti nama Istana Gambir menjadi Istana Merdeka," tutur pemandu tur, Retno kala detikcom menyambangi Istana Merdeka pada 2014 silam.

5. Saksi sejarah

Istana ini juga sempat menjadi saksi bisu penandatanganan kedaulatan Republik Indonesia Serikat pada 27 Desember 1949. Sehari kemudian, Istana merdeka menjadi tempat tinggal Sukarno dan keluarganya.

Istana Merdeka juga menjadi tempat diperingatinya Hari Kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus. Tradisi ini dimulai pada 1950.

6. Tempat menjamu tamu dari luar negeri

Jika traveler pernah menonton tayangan kedatangan tamu asing yang disambut Presiden RI, lokasinya itu di Istana Merdeka. Nah, ternyata hampir seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan pernah singgah di Istana Merdeka ini. Beberapa di antaranya adalah Ratu Elizabeth, Presiden Nelson Mandela, Putri Diana, Presiden Obama, dan Perdana Menteri Indira Gandhi.

7. Tempat bendera pusaka hingga naskah proklamasi disimpan

Pada masa Presiden Sukarno, beliau memerintahkan perubahan fungsi kamar tidurnya menjadi tempat menyimpan Bendera Pusaka yang dijahit langsung oleh Fatmawati.

Selain itu, ruangan itu juga difungsikan untuk menyimpan naskah asli proklamasi. Ruangan ini juga dihiasi sejumlah relief yang menggambarkan Sayuti Melik tengah mengetik teks proklamasi dan Fatmawati yang menjahit bendera merah putih.

[Gambas:Video 20detik]



(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA