Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Agu 2020 15:15 WIB

TRAVEL NEWS

75 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Lereng Merapi

Achmad Syauqi
detikTravel
75 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Lereng Merapi
Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Sebanyak tujuh puluh lima bendera merah putih berkibar di titik teratas lereng Gunung Merapi di wilayah Klaten. Bendera sebanyak itu ditancapkan di area perkemahan Kali Talang Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten.

"Camping ground Kali Talang merupakan titik teratas dan teraman terakhir di desa kawasan puncak. Jaraknya hanya sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi," ungkap pengelola camping ground Kali Talang, Julianto pada detikcom usai upacara, Senin (17/8/2020) siang.

Juli mengatakan upacara HUT RI ke-75 tahun ini diikuti sekitar 100 peserta dengan inspektur upacara Kadus 1, Susilo. Mengingat pandemi COVID-19 hanya diikuti warga dari empat RT.

"Hanya empat RT yang ikut yaitu RT 1,2,3 dan 4. Terdiri dari siswa SD, SMP, SMA, relawan ditambah perangkat desa dan pendaki yang kemah" jelas Julianto.

75 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Lereng Merapi75 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Lereng Merapi. Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Saat upacara, sambung Julianto cuaca kawasan puncak sangat cerah sehingga tidak ada kendala. Namun warga tetap menerapkan protokol kesehatanCOVID.

75 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Lereng Merapi75 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Lereng Merapi. Foto: Achmad Syauqi/detikcom

"Kita tetap terapkan prosedur COVID dengan cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Sebab yang kemah warga dari luar desa," ungkap Julianto.

Para traveler yang kemah, menurut Julianto juga diikutkan sebagai peserta upacara. Namun untuk keamanan warga, lokasinya dipisahkan.

"Jadi tetap ikut upacara di lokasi terpisah dengan warga dan kita beri sekat. Ada dua rombongan yang kemah sekitar delapan orang," imbuh Julianto.

Soal jumlah bendera, jelas Julianto memang 75 buah. Jumlah sebanyak itu sudah termasuk bendera yang besar di tiang upacara.

"Jumlahnya 75 sama yang besar di tiang bendera. Disesuaikan dengan HUT RI ke-75," tambah Julianto.

Selain upacara di lereng gunung di Desa Balerante , upacara serupa dilaksanakan di tengah Sungai Dengkeng di Desa Balak, Kecamatan Cawas. Upacara di jembatan Pelangi diikuti puluhan warga.

"Di tengah jembatan di sungai Dengkeng warga bersama komunitas sekolah sungai menperingati detik- detik kemerdekaan dengan cara yang unik membulatkan tekat untuk memerdekakan sungai dari sampah," kata Camat Cawas M Prihadi pada detikcom.

[Gambas:Video 20detik]



---

Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA