Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Agu 2020 20:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Film Tilik Trending, Keindahan Alam Bantul Jadi Sorotan

Putu Intan
detikTravel
Hutan Pinus Asri Mangunan Bantul
Hutan Pinus Mangunan. Foto: (Pradikta Kusuma/d'Traveler)
Jakarta -

Film Tilik trending di Twitter beberapa hari belakangan. Selain jalan ceritanya yang unik, latar film yakni Bantul, Yogyakarta pun jadi sorotan.

Kabupaten Bantul terkenal memiliki kenampakan alam yang asri dan kaya akan destinasi wisata. Keindahan itu terpotret dalam film Tilik, yang sudah dua hari belakangan bertengger di trending topic Twitter.

Film garapan Wahyu Agung Prasetyo itu menceritakan ibu-ibu desa yang melakukan perjalanan menggunakan truk untuk menengok Bu Lurah di rumah sakit. Di sepanjang film, penonton diajak seolah-olah berada di truk yang sama dengan ibu-ibu yang hobi bergunjing itu. Penonton dapat melihat pemandangan hutan pinus, persawahan, hingga jalanan Kota Yogyakarta.

Sosok Bu Tejo mendadak hangat jadi pembicaraan. Seorang ibu-ibu yang melek teknologi dan mencari informasi di media sosial serta internet. Bu Tejo, ini panduan bijak berinternet.Potongan adegan dari Film Tilik. Foto: Screenshoot

Lokasi film ini sendiri lebih banyak mengambil latar di Kecamatan Dlingo, Bantul. Letaknya berada di paling timur Bantul dan berbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul.

Daerah itu terkenal akan wisata hutan pinusnya. Salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan.

Hutan ini berada di kawasan perbukitan yang jauh dari kebisingan kota. Keindahan alamnya ini bahkan sempat mencuri perhatian Presiden RI Joko Widodo dan Mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama yang pernah singgah di sana.

Sejumlah wisatawan bermain di Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018). Hutan pinus yang memberikan spot foto unik serta menikmati pemandangan dari atas bukit itu menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan dari Yogyakarta hingga luar daerah. Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Foto: Pradita Utama

Hutan Pinus Mangunan juga dikenal sebagai lokasi berburu foto instagramable. Di sana terdapat wahana Omah Kukusan dan Rumah Hobbit yang digemari wisatawan.

Selain Hutan Pinus Mangunan, hutan pinus lainnya di Dlingo adalah Hutan Pinus Asri. Di sini traveler dapat menikmati segarnya udara khas pegunungan. Selain itu, tempat ini juga menyediakan akomodasi untuk bersantai, mulai dari gazebo hingga penginapan.

Hutan pinus lainnya yang tak kalah hits adalah Hutan Pinus Pengger yang terletak di Desa Terong, Dlingo. Nah, kawasan yang satu ini cocok didatangi jika ingin melihat pemandangan malam Kota Yogyakarta.

Pantai ParangtritisPantai Parangtritis. Foto: Efa_butarbutar/d'Traveler

Selain hutan-hutan pinus, masih banyak wisata lainnya di Bantul. Misalnya wisata pantai hits yaitu Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Tempat-tempat wisata Bantul itu cocok untuk traveler kunjungi saat libur long weekend. Ingat, tetap perhatikan protokol kesehatan pencegahan Corona ya agar liburanmu tetap sehat dan menyenangkan.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA