Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Agu 2020 08:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Hutan Pinus di Bantul yang Mirip Lokasi Film Tilik

Putu Intan
detikTravel
Puncak Becici di Kawasan Wisata Mangunan
Hutan Pinus di Bantul. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Keindahan alam Bantul makin dikenal lewat film Tilik yang belakangan viral di media sosial. Lokasi film yang memperlihatkan suasana hutan pinus itu pun menyedot perhatian netizen.

Kabupaten Bantul, Yogyakarta memang masyur akan hutan pinusnya. Apalagi beberapa tahun terakhir, hutan pinus di sana dikelola menjadi tempat wisata hits. Berikut ini daftarnya.

1. Hutan Pinus Pengger

Tangan Raksasa di Hutan Pinus  Pengger, Dlingo, Bantul, YogyakartaFoto: Usman Hadi/detikTravel

Hutan pinus yang satu ini dulunya merupakan hutan produksi yang getahnya digunakan sebagai bahan baku industri. Pada 2016, Hutan Pinus Pengger mulai dibuka untuk wisata dan terus dikembangkan hingga saat ini.

Di sana traveler dapat menikmati sejuknya udara khas perbukitan. Selain itu tempat ini juga sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yaitu toilet, tempat ibadah, aula, hingga warung makan. Traveler juga dapat berfoto dengan hiasan ranting atau bersantai di hammock.

Hutan yang terletak di Dusun Sendangsari, Terong, Bantul itu dapat dicapai menggunakan kendaraan bermotor selama 1 jam dari Kota Yogyakarta. Untuk masuk ke Hutan Pinus Pengger, dikenakan tarif Rp 3.000 per orang. Sementara jika menyewa permainan di sana, akan dikenakan biaya tambahan yang bervariasi.

2. Hutan Pinus Mangunan

Batu Mangunan Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Kalau hutan ini sudah sangat terkenal di Yogyakarta. Pesonanya bahkan sempat dinikmati Presiden RI Joko Widodo hingga Mantan Presiden AS Barrack Obama.

Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Jaraknya adalah 21,3 kilometer dari Kota Yogyakarta atau dapat ditempuh dalam waktu 1 jam.

Hutan ini terkenal akan spot fotonya yang instagramble. Salah satu yang terunik adalah Rumah Hobbit.

Selain berburu foto instagramable, Hutan Pinus Mangunan juga menyediakan fasilitas lainnya seperti wisata outbond, mushola, dan toilet umum. Jika berkunjung ke sini, traveler juga wajib menjajal hammock bertingkatnya yang ikonik.

3. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus AsriFoto: Pradikta Kusuma/d'traveler

Tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, terdapat Hutan Pinus Asri. Letaknya di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul.

Hutan Pinus Asri menawarkan fasilitas gardu pandang yang cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Selain itu, di sana juga terdapat instalasi yang menyerupakai Desa Bikini Bottom dalam kartun Spongebob. Selain itu, traveler juga dapat bersantai di gazebo dan warung makan yang juga disediakan di sana.

4. Hutan Pinus Becici

Puncak Becici, Bantul, Rabu (28/6/2017)Foto: Usman Hadi/detikcom

Hutan Pinus Becici terletak di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jika dari Kota Yogyakarta, traveler membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di sana.

Hutan seluas 4,5 hektar ini menyuguhkan pemandangan perbukitan nan hijau. Fasilitas di Hutan Pinus Becici adalah lahan parkir luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat, mushola, area kemping, dan permainan outbond. Untuk menyewa fasilitas di sana, traveler akan dikenakan biaya mulai Rp 5 ribu sampai dengan Rp 20 ribu.

Itulah hutan pinus hits di Bantul. Mana destinasi favoritmu?



Simak Video "Menikmati Udara Segar di Wisata Alam Hutan Pinus Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA