Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Agu 2020 21:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pacu Adrenalin Sambil Menikmati Kopi Pegunungan di Banjarnegara

Uje Hartono
detikTravel
Pacu Adrenalin sambil Menikmati Kopi Pegunungan di Banjarnegara
Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara -

Bagi pecinta kopi sekaligus penyuka tantangan, tidak ada salahnya mencicipi wisata ngopi on the jeep di Banjarnegara. Selain bisa menikmati kopi di pegunungan langsung, wisatawan juga akan diajak untuk memacu adrenalin saat menyusuri bukit dengan mobil off road.

Kontur wilayah Banjarnegara yang berbukit-bukit menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Namun tidak perlu khawatir, sejuknya udara pegunungan dan keindahan alam akan membuat perjalanan menuju kebun kopi tidak terasa.

Lokasi kebun kopi berada di Desa Pegundungan Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara. Atau 20 kilometer dari pusat kota Banjarnegara. Sebelum tiba di kebun kopi, wisatawan akan diajak untuk menyusuri jalur pedesaan hingga keluar masuk kebun salak dan sayuran selama 1,5 jam.

Rasa lelah akan terbayar saat tiba kebun kopi. Wisatawan langsung disambut dengan secangkir kopi senggani yang berasal dari Desa Pegundungan. Kopi ini merupakan kopi andalan Banjarnegara setelah masuk 4 besar dalam Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) di Yogyakarta 2018 lalu.

Pacu Adrenalin sambil Menikmati Kopi Pegunungan di BanjarnegaraWisata ngopi on the jeep di Banjarnegara. Foto: Uje Hartono/detikcom

Pemandu wisata The Pikas Adventure Herman Satmoko mengatakan, wisata ngopi on the jeep ini merupakan menyuguhkan wisata ekstrem off road dan menikmati kopi langsung di tempatnya ditanam.

"Sensasinya, wisatawan akan diajak untuk memacu adrenalin dengan menyusuri jalur pedesaan hingga jalan terjal di tepi jurang," ujarnya, Jumat (21/8/2020).

Tidak hanya itu, wisatawan juga akan menikmati hingga belajar langsung pengolahan kopi senggani. Mulai dari memetik di kebun kopi hingga mengolahnya sampai konsumsi.

"Setibanya di Desa Pegundungan akan langsung diberi suguhan kopi senggani. Ini kopi juara, yang masuk 4 besar dalam KKSI tahun 2018 lalu. Di desa ini, wisatawan akan diberi pengetahuan bagaimana memetik kopi, mengolah hingga bisa dikonsumsi," kata dia.

Herman mengatakan, untuk paketan wisata ngopi on the jeep ini, wisatawan hanya Rp 250 per orang. Nantinya, selain diajak untuk menyusuri bukit dan belajar mengolah kopi, juga makan akan ada menu makan siang ala pedesaan.

Pacu Adrenalin sambil Menikmati Kopi Pegunungan di BanjarnegaraWisata ngopi on the jeep di Banjarnegara. Foto: Uje Hartono/detikcom

"Harganya Rp 250 per orang. Satu mobil off road ini diisi 4 orang. Nanti juga akan ada makan siang di puncak Bukit Senggani di Desa Pegundungan," jelasnya.

Salah satu wisatawan Ariski Febrianti mengatakan, wisata ngopi on the jip merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Selain dapat menguji adrenalin, juga mendapatkan pengetahuan tentang kopi.

"Tadi sudah deg-degan saat menyusuri jalan perbukitan. Setelah sampai di kebun kopi bisa belajar dan menikmati kopi langsung di tempat kopi itu ditanam," tuturnya.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA