Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Agu 2020 17:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nikmatnya Secangkir Kopi di Puncak Sungai Penuh

Agung Iranda
detikTravel
Ngopi di Puncak Sungai Penuh
Foto: Agung Iranda/d'Traveler
Jakarta -

Secangkir kopi yang dinikmati di kawasan berhawa dingin selalu spesial. Salah satunya di kampung halamanku, Sungai Penuh di Jambi.

Sungai Penuh merupakan wilayah hasil pemekaran Kabupaten Kerinci, Jambi. Bentang alam Sungai Penuh ini diisi dengan gunung dan perbukitan. Di sini juga masih lumrah mendapati pepohonan rimbun, hamparan sawah dan ladang, serta sungai-sungai mengalir di pinggir-pinggir desa.

Di sinilah letak kampungku, sebuah wilayah yang tidak jauh dari Gunung Kerinci.

Setelah berbulan-bulan di rumah saja, akhirnya saya memutuskan untuk ngopi di tempat wisata. Saya bersama keluarga menuju Puncak Sungai Penuh.

Ngopi di Puncak Sungai PenuhNgopi di Puncak Sungai Penuh Foto: Agung Iranda/d'Traveler

Kami berangkat sore hari, menelusuri jalan dari Desa Koto Dian Rawang menuju Puncak Sungai Penuh. Cuaca kurang sip untuk keluar rumah sebenarnya sebab awan menghitam dan langit mulai mendung.

Tapi, kami bersikukuh menuju tengah kota Sungai Penuh. Setelah melewati area perkotaan, kami berpindah ke ngarai yang sunyi.

Tak berapa lama, kami sampai juga di Puncak Sungai Penuh yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Jalanan Berkelok

Dalam perjalanan menuju Puncak Sungai Penuh, kami disuguhi hujan rintik datang yang diikuti jalanan diselimuti awan yang sangat tebal, dan memaksa kami untuk menyalakan lampu mobil.

Setelah lebih 60 menit menghabiskan waktu di jalan, tibalah kami di Puncak Sungai Penuh. Lokasi tempat itu berada pada ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Di sini traveler juga bisa outbond. Sementara kami langsung menuju Depati VII coffe & resort. Di lokasi Depati VII ternyata sangat padat pengunjung, kami bergegas mendaki tangga untuk sampai di pondok-pondok kopi, pengunjung semakin ramai sehingga kami tidak dapat tempat duduk.

Depati VII ini merupakan kebun kopi dan sudut foto terbaik dengan latar alam Kerinci. Di sini hanya ada; kopi, alam, dan jiwa yang tenang.

Kopi Spesial >>>

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Agung Iranda, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Air Panas Markotop, Situs Pertapaan Ungaran Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT