Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Agu 2020 07:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berkunjung ke Kafe Hits di Dataran Tinggi Kintamani Bali

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Montana Del Cafe
Sajian kopi di atas gunung, Montana Del Cafe Bali (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Denpasar -

Kafe di atas gunung ini seperti mendapat berkah meski dibuka kala pandemi Corona mulai menyebar. Inilah kafe yang sedang hits saat ini dari Bali.

Kafe ini berlokasi di Jalan Penelokan No.889, Kintamani, Bangli, Bali. Montana Del Cafe namanya.

Dua tahun ke belakang, detikTravel telah mengunjungi lokasi yang sama, di kaldera gunung Batur, Kintamani. Namun, kafe belum menggeliat di sini.

Hanya ada restoran-restoran keluarga yang biasa jadi destinasi favorit rombongan wisatawan. Dulu, kami juga hanya makan di salah satu restorannya.

Memang, kaldera gunung Batur di Kintamani ini terbilang cantik. Jika traveler nongkrong di salah satu kafenya pasti akan disuguhi dengan Gunung Batur dan di bawahnya ada Danau Batur, namun harus datang di kala cerah ya.

Montana Del CafeTampak depan Montana Del Cafe (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

Kini, kawasan kaldera gunung Batur ini berbenah. Apalagi di kala pandemi, restoran-restoran keluarga tradisional di sana sepi pengunjung.

Warga lokal mulai memadati kafe-kafe yang ada di kaldera gunung Batur ini. Montana Del Cafe jadi salah satu cafe di atas gunung yang paling ramai tiap harinya.

Sang pemilik ingin mengembangkan daerahnya sendiri setelah lama merantau. Ia bersama dua saudaranya mengembangkan dan mengalihfungsikan restoran keluarga menjadi sebuah kafe.

Montana Del Cafe terbilang besar, terlihat dari area parkirnya. Ada beberapa ruangan untuk nongkrong, dimulai dari bangunan utama, lalu bagian teras, bar, bagian bawah bangunan utama dan masih ada ruang lagi yang sedang dalam pembangunan.

Montana Del CafeMeja bar di Montana Del Cafe (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

"Ini mimpi baru kesampaian. Dulu jarang ada yang mau ngembangin daerahnya sendiri, lalu kita punya ide ini," ujar pemilik Montana Del Cafe, Made Andika, awal Agustus lalu.

Andika pernah kerja dan kuliah di Australia. Lalu, ia dan saudaranya mulai membuka kafe dengan menu sarapan juga aneka kopi.

"Australia dulu itu kerja sambil kuliah. Kita baru buka Montana Del Cafe 18 Januari. Konsep menunya breakfast all day," dia menegaskan.

Ada berbagai menu makanan dan minuman yang disajikan Montana Del Cafe. Menu kopi yang paling diunggulkan bernama Montana Coffee seharga Rp 40 ribu dan La Montana Hot Cakes seharga Rp 50 ribu.

Montana Del Cafe sangatlah ramai. Kafe ini biasa didatangi pengunjung meski belum memasuki jam buka. Jam operasional cafe di atas gunung ini dari pukul 07.00 untuk weekend dan 09.00 atau 08.00 di hari kerja hingga pukul 18.00 atau 19.00 dikarenakan suhu yang tergolong dingin ketika malam tiba.

Di masa pandemi COVID-19 ini, semua destinasi wisata di Bali yang di dalamnya meliputi kafe, restoran yang didatangi tim detikcom telah menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Jadi, jangan ragu untuk mengunjunginya ya!

(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA