Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Agu 2020 09:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Negeri Khayangan di Lampung Barat

tri umaryani
detikTravel
Objek wisata di Lampung Barat.
Foto: (triumaryani75/d'Traveler)
Lampung Barat -

Kabupaten Lampung Barat menyimpan banyak potensi wisata. Salah satu yang belum banyak orang tahu adalah Temiangan Hill Negeri Khayangan.

Trend pariwisata pasca pandemi, masyarakat akan lebih menyukai wisata dengan grup kecil, wisata alam, wisata gunung, wisata kesehatan dan wisata yang jauh dari keramaian serta menyegarkan jasmani dan rohani.

Nah, untuk millennial yang sudah mengagendakan untuk berwisata untuk menyegarkan jasmani dan rohani sebaiknya pilihan wisata ke negeri khayangan wajib dicoba. Di mana kah itu?

Tepatnya di Destinasi Temiangan Hill Negeri Khayangan, destinasi yang sedang viral di jagad media sosial. Destinasi ini berada di salah satu kecamatan di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, yaitu di Kecamatan Gedung Surian.

Untuk masyarakat di dalam provinsi Lampung, perjalanan menuju ke sini bisa ditempuh dengan jalur darat baik dengan transportasi pribadi atau transportasi umum. Bagi kalian yang berasal dari luar provinsi Lampung tak perlu khawatir, Kalian bisa menempuh perjalanan ke sini melalui jalur udara maupun jalur darat.

KalAU kalian belum nyaman dengan perjalanan udara, maka perjalanan jalur darat juga menyenangkan. Dengan adanya tol Sumatera maka dengan itu maka perjalanan menuju ke provinsi Lampung menjadi lebih cepat dan posisi Lampung yang berada di pintu gerbang Sumatera akan mudah dicapai baik dari pulau Jawa maupun pulau Sumatera.

Objek wisata di Lampung Barat.Ibarat negeri di atas awan (triumaryani75/d'Traveler)

Banyak sekali destinasi wisata yang kalian bisa nikmati di provinsi ini. Dari bandara, perjalanan menuju ke sini bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih tiga sampai dengan empat jam.

Sesampainya di desa wisata, kalian akan disambut dengan keramahan warga dan pastinya dijamin aman. Karena kendaraan pengunjung harus di parkir di lokasi ini. Selanjutnya untuk melanjutkan perjalanan ke negeri khayangan atau masyarakat Netizen menyebutnya negeri di atas awan, kita akan diantar oleh ojek wisata yang merupakan masyarakat
di sekitar lokasi wisata.

Rute perjalanan menuju ke sini akan kita tempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit. Pengalaman perjalanan ke sini juga membawa sensasi yang luar biasa bagi mereka yang menikmati wisata petualangan.

Sesampainya di pintu gerbang, semua akan terbayar dengan udara yang segar dan pemandangan yang indah. Di sini kita akan disambut dengan protokol kesehatan yang dimulai dari pendataan asal wisatawan, wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh bagi pengunjung.

Bagi yang suhu tubuhnya di atas 37,5 celcius, maka dengan terpaksa tidak diizinkan untuk masuk begitu juga bagi wisatawan yang berasal dari zona merah tidak diperkenankan untuk berkunjung.

Saat ini di mana kunjungan wisatawan sedang drop maka sebaliknya yang terjadi di destinasi wisata negeri khayangan harus menolak kunjungan dikarenakan adanya pembatasan kapasitas pengunjung saat ini maksimal 50% dari total kapasitas yang tersedia. Sampai dengan saat ini sudah banyak wisatawan yang memesan untuk acara akhir tahun di Temiangan Hill.

Apa sih istimewanya di sini? Sehingga pengunjung berduyun-duyun untuk datang kemari. Di sini kalian bisa camping bersama teman dan keluarga. Bukit yang berada di ketinggian kurang lebih 1200 m dari permukaan laut ini menyuguhkan pemandangan yang istimewa.

Kalian gak perlu khawatir bawa tenda sendiri, di sini kalian bisa menyewa tenda yang sudah disediakan pengelola atau membawa sendiri dari rumah. Pada malam hari dengan ditemani bintang bintang di angkasa kita bisa menikmati indahnya pemandangan, alunan musik dan sajian kuliner istimewa ikan bakar atau ayam kampung bakar dan juga kudapan lain yang bisa kita pesan dari pengelola atau bisa kita masak sendiri di tenda.

Suguhan keindahan kabut pagi bak permadani yang terhampar indah di ketinggian menjadi sangat istimewa. Minum kopi pagi di Temiangan Hill sungguh momen yang tak terlupakan, nikmat dan luar biasa berkesan.

Potret Destinasi wisata yang menyajikan keindahan alam yang menjadi tren wisata Pasca Pandemi Covid 19. Destinasi wisata ini dikelola oleh kelompok sadar wisata.

Pengelolaan Destinasi wisata ini juga menggambarkan keberhasilan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan wisata desa. Semua masyarakat bahu membahu terlibat dalam pengelolaan destinasi wisata ini. Semua lapisan dapat memetik manisnya aktivitas ekonomi yang terjadi dengan adanya aktivitas pariwisata desa.

Yuk tunggu apalagi bagi kalian penikmat wisata alam, wajib mencoba datang ke Negeri Khayangan Negeri di Atas Awan Temiangan Hill!

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Tri Umaryani dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Berburu Ikan Marlin Krui Lampung Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA