Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Agu 2020 15:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nikmatnya Empal Gentong Cirebon yang Menggoyang Lidah

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Empal gentong H Apud Cirebon.
Empal gentong H Apud Cirebon (Elmy Tasya/detikTravel)
Cirebon -

Jika berwisata ke Cirebon jangan lupa mampir ke Empal Gentong H Apud yang legendaris. Restoran ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun.

detikTravel berkesempatan untuk mengunjungi Empal Gentong H Apud yang berada di Jalan Otto Iskandar Dinata, Tegalsari, Cirebon. Itu resto cabang. Kedai Empal Gentong H Apud pusatnya adanya di Jalan Ir H Juanda, Battembat, Cirebon.

Selalu ramai dikunjungi wisatawan, Restoran H Apud cabang kedua itu bisa mengeluarkan 100 porsi dalam sehari. Terlebih, saat weekend atau hari libur.

"Kalau di sini kadang-kadang 80-100. Kalau weekend lebih banyak lagi, kadang bisa sampai 500 porsi," kata Pengelola H Apud cabang Jalan Otto Iskandar Dinata, Ade Fitria.

Empal gentong H Apud Cirebon.Empal gentong jadi menu andalan (Elmy Tasya/detikTravel)

Cabang kedua Empal Gentong Haji Apud itu sudah berdiri sejak tahun 2017, sedangkan pusatnya sudah berdiri selama kurang lebih 25 tahun.

"Kalau nggak salah tahun 95 deh, 25 tahun sih, kalau yang cabang awal 2017," kata Ade.

Memiliki rempah-rempah khas dan daging yang empuk, tak heran Empal Gentong ini diminati oleh banyak pengunjung. Olahan dagingnya pun tak sembarangan.

"Kita yang pilihannya (daging) fresh semua, nggak ada yang es es-an semuanya fresh," kata Ade.

Empal gentong H Apud Cirebon.Rumah makan ini punya dua cabang di Cirebon (Elmy Tasya/detikTravel)

Saat pandemi, restoran yang berada di pusat tetap dibuka. Empal gentong cabang kedua tutup. Namun, ketika buka kembali banyak pengunjung yang datang.

"Tapi omset nggak seberapa kan, jadi dari pada terbagi-bagi akhirnya udah dipusatkan semua di sana, kita yang ngalah. Tapi waktu kita awal Juli buka, langsung stabil normal nggak banyak penurunan. Ya alhamdulillah," Ade menambahkan.

Restoran ini juga memiliki banyak pilihan makanan seperti empal asem, sate kambing, tahu gejrot dan berbagai menu lainnya. Nah, selain makanan yang lezat, bersebelahan dengan restoran Empal Gentomg H Apud ada menu es yang tak biasa, namanya es tawuran.

Seperti, es campur, es tawuran memiliki varian lebih lengkap. Ada melon, timun suri, durian, nangka, alpukat dan nata de coco ditambah dengan agar-agar.

Penasaran untuk mencoba?



Simak Video "Pengeber Nasi Jamblang, Penjual Eceran Kuliner Khas Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA