Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Agu 2020 19:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Panorama Alam Cibuntu, Salah Satu Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Salah satu desa terindah di Kuningan.
Suasana di Desa WIsata Cibuntu di Kuningan (Elmy Tasya/detikTravel)
Kuningan -

Jawa Barat memiliki wisata alam yang berbagai macam, salah satunya berada di Kuningan. Kabupaten ini memiliki salah satu desa wisata terbaik di Indonesia, desa wisata Cibuntu.

Saat memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru, Kabupaten Kuningan mulai mempromosikan diri menjadi destinasi wisata terbaik bagi wisatawan domestik. Nah, salah satu wisata yang recommended bagi wisatawan khususnya yaitu Desa Wisata Cibuntu.

Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) dalam Kegiatan 'Press Tour & Seminar Series: Bandung, Kuningan dan Cirebon' berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu. Ada berbagai pilihan destinasi mulai dari campsite, situs-situs megalitikum, kampung domba hingga home stay terbaik kelima di Asean.

"2017, kami dapat predikat dari Kementerian Pariwisata, Cibuntu menjadi nomor kedua se-Indonesia di bawah Bali di atas Yogya menjadi desa wisata Community Based of Tourism (CBT). Jadi, desa wisata yang berdasarkan untuk pemberdayaan masyarakat," kata Awam kepada detikTravel dan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf), Jumat (28/8/2020).

"Pada 2016, penilaian dari Kemenparekraf juga, salah satu homestay yang ada di desa wisata Cibuntu, itu menjadi peringkat 5 di Asean," dia menambahkan.

Salah satu desa terindah di Kuningan.Salah satu desa terindah di Kuningan (Elmy Tasya/detikTravel)

Awam menambahkan, kawasan Desa Cibuntu sangat dijaga kelestariannya. Selain itu juga pengelolaannya dilakukan secara tradisional.

"Kami cukup bangga menjadi bagian dari Desa Wisata Cibuntu yang memiliki daya tarik bukan karena hiasan saja yang mempercantiknya, akan tetapi pembinaan berkesinambungan dan komitmen komunitas masyarakatnya dalam menjaga keberadaan Desa Wisata Cibuntu yang jadi kekuatan utama," ujar Awam.

"Masyarakat Desa Wisata Cibuntu pun selalu menjaga Sapta Pesona sebagai acuan mengelola keberlangsungan Desa Wisata ini," kata Awam.

Salah satu desa terindah di Kuningan.Sarat budaya (Elmy Tasya/detikTravel)

salah satu peserta tur, Johan Sompotan, mengaku terpesona dengan keindahan Cibuntu yang menjadi Desa Wisata terbaik di Indonesia maupun Asia Tenggara. Rombongan disambut dengan tarian khas Sunda.

"Kami terpesona dengan sambutan hangat desa wisata Cibuntu. Kenapa kami pilih Desa Wisata Cibuntu, karena Desa Wisata ini telah menerapkan protokol kesehatan yang baik, kondisinya yang merupakan kawasan wisata luar ruang sehingga punya risiko penyebaran COVID-19 yang rendah dan tentunya telah siap menerima kehadiran wisatawan dari berbagai tempat karena sudah terjamin kualitasnya yang telah diakui di Indonesia maupun Asia Tenggara," ujar Johan.

Desa Wisata Cibuntu berada di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Lokasinya berdekatan dengan hutan pinus yang merupakan kawasan hutan dari Gunung Ciremai. Berkeliling di desa wisata ini bisa menyegarkan pikiran dengan panorama indah yang memukau.

Yuk berwisata ke Kuningan!



Simak Video "Wisata Budaya Tradisi Sedekah Bumi dari Kuningan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA