Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Sep 2020 21:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Desa Wisata Ini Punya Mata Air yang Bisa Langsung Diminum

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Situs Cikahuripan
Foto: Situs Cikahuripan (Tasya Khairally/detikcom)
Kuningan -

Masyarakat di Desa Wisata Cibuntu Kuningan tak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan air minum. Ada mata air yang bisa langsung dikonsumsi.

detikTravel berkesempatan untuk mengunjungi Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan. Berbagai destinasi wisata alam yang memanjakan mata menyambut wisatawan, nah salah satu spot unik yang ada di desa ini adalah situs mata air Cikahuripan.

Berbeda dengan mata air lainnya yang harus melalui proses untuk menjadi air layak konsumsi, Cikahuripan memiliki air yang bisa langsung diminum oleh masyarakat. Bahkan semua warga desa mengandalkan mata air ini untuk dikonsumsi sehari-hari.

"Warga Cibuntu 100 persen mengambil airnya dari sini karena sudah bisa diminum," ujar Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata Cibuntu, Suhu Dwi Teguh.

Situs CikahuripanSitus Cikahuripan Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Tak sembarangan, airnya pun sudah melalui uji lab Dinas Kesehatan dari Kabupaten Kuningan. Sehingga benar-benar aman dan tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. "Ini sudah masuk standar langsung minum, jadi mineralnya sudah standar langsung minum," tambah Teguh.

Untuk sampai ke mata air ini, warga atau wisatawan harus melalui jalan yang cukup melelahkan. Tapi, tentu hal itu tak menyurutkan langkah untuk bisa mendapatkan sumber mata air dengan keindahan alam yang asri di Cikahuripan.

"Kalau untuk saya satu galon untuk satu minggu, tidak terpotong biaya tapi tenaga," kata Teguh.

Situs CikahuripanSitus Cikahuripan Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Wisatawan pun banyak yang mencoba meminum air Cikahuripan atau sekedar mencuci muka. Tak hanya dari domestik, wisatawan mancanegara pun meminum air Cikahuripan.

"Semua orang manapun yang datang ke sini pasti minum. Dari kedutaan Amerika, Maroko dari China dari Jepang. Semuanya percaya bahwa air itu layak minum," kata Kepala Desa Cibuntu, Awam.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA