Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Sep 2020 16:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rekomendasi 7 Pantai Sunyi Yogyakarta Buat Kemping

Kristina
detikTravel
Pantai di Gunungkidul
Pantai Watu Kodok, Gunungkidul (Foto: Kristina/detikcom)
Gunungkidul -

Menghabiskan waktu akhir pekan dengan kemping di alam terbuka seperti pantai dapat menjadi salah satu solusi pelepas penat. Tak terkecuali di Yogyakarta, setidaknya ada tujuh pantai yang tergolong sepi pengunjung dan cocok untuk bersantai.

Yogyakarta memiliki deretan pantai pasir putih yang siap memanjakan mata wisatawan. Letaknya berada di Kabupaten Gunungkidul. Beberapa pantai mudah dijangkau dengan kendaraan langsung, sebaliknya banyak juga pantai yang harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Berikut rekomendasi pantai yang sepi pengunjung dan aman untuk kemping:

Pantai di GunungkidulPantai Watu Bolong di Gunungkidul (Foto: Kristina/detikcom)

1. Pantai Watu Bolong

Seperti namanya, jika datang ke pantai ini pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya bebatuan di tepian pantai. Di sisi utara tengah pantai terdapat bebatuan karang yang cukup besar.

Cocok untuk berfoto dan menikmati keindahan pantai. Pantai ini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Untuk dapat sampai ke lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir.

Di sisi utara pantai terdapat area lahan yang luas. Pengunjung dapat mendirikan tenda di area ini.

Pantai di GunungkidulPantai Sanglen di Gunungkidul (Foto: Kristina/detikcom)

2. Pantai Sanglen

Pantai pasir putih satu ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Rutenya mengikuti arah Pantai Watu Kodok.

Pengunjung tidak perlu berjalan kaki untuk sampai di Pantai Sanglen. Perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Tempat parkir yang tersedia cukup luas. Hanya saja jalanan sempit dan bebatuan.

Pantai ini diapit oleh tebing yang cukup luas sehingga cocok untuk kemping rombongan. Tiket masuk sudah termasuk dalam 1 kawasan pantai di pos utama.

Pantai di GunungkidulPantai Watu Kodok di Gunungkidul (Foto: Kristina/detikcom)

3. Pantai Watu Kodok

Karakteristik pantai Watu Kodok masih serumpun dengan Pantai Sanglen. Lokasinya yang memang berdekatan, membuat pantai ini cocok dijadikan alternatif apabila sedang ramai.

Pantai yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari ini cukup lebar dan memanjang. Beberapa fasilitas umum tersedia di pantai ini.

Pedagang juga banyak ditemukan di sini. Pengunjung tidak perlu khawatir jika kehabisan bekal makan. Tidak hanya kendaraan roda dua, mobil juga dapat masuk ke lokasi Watu Kodok.

Pantai di GunungkidulPantai Ngrumput di Gunungkidul (Foto: Kristina/detikcom)


4. Pantai Ngrumput

Tempat asik untuk kemping satu ini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Dari pos retribusi utama, pengunjung dapat mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Drini.

Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung harus jalan kaki sekitar 15-20 menit perjalanan. Tepat di atas pantai ini terdapat Bukit Kosakora. Pengunjung juga dapat mendirikan tenda di atas bukit tersebut dengan pemandangan langsung ke laut.

Pantai Kayu Arum, GunungkidulPantai Kayu Arum, Gunungkidul (Foto: Tirta Periwtasari/d'Traveler)

5. Pantai Kayu Arum

Pantai berukuran kecil yang diapit oleh dua tebing ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Tepatnya dekat dengan lokasi Baron Techno Park.

Untuk dapat sampai di pantai mungil tersebut, pengunjung harus menyusuri ladang warga sekitar 4 kilometer atau 30 menit perjalanan. Medannya tidak begitu sulit, hanya saja dipenuhi tanah kering dan bebatuan karang.

Harga tiket masuk Rp 10.000 per orang dan sudah termasuk biaya retribusi 1 kawasan pantai di pos utama.

Pantai di GunungkidulPantai Jungwok di Gunungkidul (Foto: Kristina/detikcom)

6. Pantai Jungwok

Pantai yang terkenal dengan aura mistis ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Pengunjung dapat mengikuti petunjuk arah Pantai Wediombo.

Jaraknya sekitar 5 km dari Wediombo. Pantai Jungwok tidak termasuk dalam 1 kawasan pos retribusi di Pantai Baron, melainkan berada di Pos Retribusi Pantai Siung dan Wediombo.

Harga tiket masuk Rp 5.000 per orang. Perjalanan menuju pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja harus melewati jalan bukan aspal alias bebatuan. Pastikan kendaraan dalam keadaan baik.

Pantai Wohkudu GunungkidulPantai Wohkudu di Gunungkidul (Foto: Iqbal Lana/d'traveler)

7. Pantai Wohkudu

Pantai tersembunyi yang berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang ini cocok dijadikan tujuan camping bersama teman. Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri ladang warga sekitar 30 menit.

Pantai pasir putih yang diapit dua tebing ini tergolong mungil dan cukup sepi. Memasuki Pantai Wohkudu, pengunjung disuguhkan dengan hamparan lahan yang ditumbuhi rerumputan hijau. Tidak cukup luas namun bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda.



Simak Video "Gibran-Teguh Siapkan Blusukan dan Konser Online"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA