Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Sep 2020 19:19 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 7 Wisata Sukabumi yang Bikin Rindu Traveling

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Alternatif wisata baru hadir di Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata berupa menara pandang berbentuk haluan kapal di Bukit Cienong, Cisolok.
Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi -

Sukabumi kerap menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati keindahan alam. Suasananya yang masih asri membuat wisatawan rindu untuk berkunjung kembali.

Untuk traveler yang sudah rindu jalan-jalan namun belum bisa kemana-mana, harap bersabar. Berikut detikTravel mengumpulkan 7 destinasi wisata untuk Anda yang rindu keindahan alam Sukabumi.

1. Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan tidak memiliki air resapan yang keluar dari bebatuan di sekelilingnya. Air yang berada di danau merupakan tampungan air hujan selama bertahun-tahun.

Disebut Batu Bacan bukan karena danau ini punya batu akik, Namun air yang berada di danau terlihat kehijauan seperti batu bacan. Tepatnya, Danau tersebut berada di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi.

Danau Batu BacanDanau Batu Bacan Foto: (Alamsyah/detikcom)


2. Situ Gunung

Situ Gunung memiliki jembatan gantung terpanjang se-asia. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sukabumi, Kadudampit.

Jembatan ini memiliki panjang 250 meter serta berada di atas ketinggian 150 dari permukaan tanah. Saat dipijak, akan terasa goyang. Untuk traveler yang suka memacu adrenalin pasti sangat suka ketika berada di jembatan gantung ini.

Selain jembatan gantung, traveler bisa melanjutkan perjalanan menuju air terjun sawer yang jaraknya sekitar 1 km dari ujung jembatan. Perjalanannya mungkin agak melelahkan, tapi semua akan terbayar ketika traveler sudah sampai ke kawasan air terjun yang menyejukkan

Jembatan SitugunungJembatan Situgunung Foto: Elmy Tasya Khairally/detikcom

3. Rock Balancing

Fenomena alam yang unik ada di Rock Balancing. Sebuah tumpukan batu tertata di atas Sungai Cibojong, Pasirdotong, Cidahu, Sukabumi.

Untuk memasuki Rock Balancing, wisatawan harus melewati pematang sawah. Lokasinya berada di sekitar 150 meter dari pemukiman warga. Kanan dan kiri Sungai Cibojong masih alami dengan persawahan yang dimiliki warga.

Rock Balancing di SukabumiRock Balancing di Sukabumi Foto: Syahdan Alamsyah/detikTravel


4. Curug Cikaso

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun dalam satu lokasi. Bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna hijau kebiruan.

Sebenarnya, Curug Cikaso bernama Curug Luhur. Airnya mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Namun curug ini lebih dikenal dengan nama Cikaso.

Dua air terjun bisa terlihat dengan jelas, namun yang satunya agak tersembunyi tertutup tebing yang menghadap ke timur.

curug cikaso di sukabumiCurug Cikaso di Sukabumi Foto: (Irvan Ika Putra/d'Traveler)

5. Bukit Cienong

Objek wisata berupa menara pandang berbentuk haluan kapal ada di Bukit Cienong. Lokasinya berada di Desa Pasir Baru, tak jauh dari kawasan pantai Cikembang dan Geyser atau pemandian air panas Cisolok.

Berbagai pilihan wisata yang bisa dinikmati di antaranya haluan kapal warna warni, ada juga sepeda gantung untuk menguji adrenalin. Untuk bersantai memandangi keindahan pesisir pantai, ada deretan kursi dan meja di landasan kayu.

Alternatif wisata baru hadir di Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata berupa menara pandang berbentuk haluan kapal di Bukit Cienong, Cisolok.Alternatif wisata baru hadir di Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata berupa menara pandang berbentuk haluan kapal di Bukit Cienong, Cisolok. Foto: Syahdan Alamsyah

6. Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana memiliki hijaunya kebun dan rerumputan di seluruh taman, juga dikelilingi dengan pepohonan rindang. Wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga.

Selabintana memiliki berbagai fasilitas yang tersedia untuk pengunjung, seperti hotel dan kolam renang. Ada pula warung-warung, musala, toilet hingga jasa sewa tikar.

Taman Rekreasi Selabintana di SukabumiTaman Rekreasi Selabintana di Sukabumi Foto: Brigida Emi Lillia/dTraveler


7. Pulau Kunti

Tak seram seperti namanya, Pulau Kunti menyajikan keindahan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Lokasinya berada di ujung semenanjung area Gunung Badak kawasan Hutan Suaka Margasatwa Cikepuh atau Cagar Alam Cibanteng.

Traveler akan melihat hamparan pasir berwarna putih, dengan karang sisa lava gunung api puluhan juta tahun lalu hingga pepohonan yang rimbun. Pada tahun 2018, kawasan Pulau Kunti masuk ke dalam jadingan UNESCO Global Geopark.

Deretan pulau membentang di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi. Salah satu pulau di kawasan tersebut dinamai Pulau Kunti.Deretan pulau membentang di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi. Salah satu pulau di kawasan tersebut dinamai Pulau Kunti. Foto: Syahdan Alamsyah
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA