Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Okt 2020 16:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Syahdunya Bukit Sikunir di Dieng

Melani Ersa Yudiana
detikTravel
Bukit di Wonosobo.
Foto: (mellaniersa17/d'Traveler)
Wonosobo -

Bukit Sikunir di Wonosobo jadi salah satu yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Dieng. Seperti ini suasana syahdunya.

Bukit Sikunir menawarkan keindahan alam ala Dataran Tinggi Dieng yang bisa kita nikmati, terutama ketika terbitnya Matahari. Untuk menikmati sunrise di Bukit Sikunir, kita harus berangkat di petang hari melewati tangga sekitar 4 kilometer untuk menuju ke puncak Bukit Sikunir.

Di pagi hari Bukit Sikunir akan lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berlomba-lomba menikmati pemandangan alam dan sunrise yang memperlihatkan Gunung Sindoro, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang sangat memukau.

Bukit di Wonosobo.Akses menuju Desa Cebongan di dekat Sikunir (mellaniersa17/d'Traveler)

Setelah menikmati indahnya sunrise, jangan beranjak pulang dulu. Tak kalah menarik, ada Danau Cebong yang terletak di barat Bukit Sikunir, dekat dengan tempat parkir. Terlihat pemandangan pematang sawah penduduk menghiasi Danau Cebong dan angin dingin yamg berhembus.

Di udara dingin, menyeruput kopi panas sejenak dengan duduk bersantai menikmati pemandangan di sekitaran juga sangat menenangkan. Selain sajian minuman hangat, kita bisa mencicipi khas sajian makanan dan oleh - oleh khas Dieng.

Salah satu contohnya semur kentang dan Carica. Semur kentang sendiri merupakan olahan hasil tanam penduduk setempat yang sudah disortir. Kentang yang digunakan merupakan kentang yang sudah dipilih dalam ukuran yang lebih kecil. Rasa semur yang manis gurih dan mengenyangkan lumayan untuk energi yang habis untuk berjalan ke puncak.

Di sekitar kawasan memang kita akan menemukan perkampungan penduduk yang menjual minuman hangat dan berbagai makanan dan oleh-oleh yang bisa kita beli untuk dibawa pulang.

Tiket masuk menuju Bukit Sikunir dari Desa Sembungan Hanya Rp 10.000,00 per orang dan parkir juga gratis. Fasilitas penunjang lain yaitu kamar mandi umum dan mushola yang berada di bawah sebelum ke puncak dan di Puncak Sikunir. Jadi tidak perlu khawatir untuk tetap melaksanakan sholat subuh sambil menikmati indahnya sunrise di Bukit Sikunir, Desa Sembungan.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Melani Ersa Yudiana dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Kecelakaan Maut di Wonosobo, 3 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA