Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Okt 2020 15:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ternyata Ada Cagar Budaya Omah UGM di Kota Gede

Aisyah Pretty R
detikTravel
Omah UGM di Kota Gede
Omah UGM di Kota Gede (Aisyah Pretty R/d'Traveler)
Yogyakarta -

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berada di Yogyakarta ternyata memiliki cagar budaya di Kota Gede. Berupa rumah yang diberi nama Omah UGM.

Tidak banyak yang tahu bahwa UGM masih memiliki cagar budaya di Kota Gede. Sebab, letaknya tidak berada di sekitar kampus.

Kota Gede menjadi lokasi berdirinya rumah yang menjadi cagar budaya UGM ini. Kota Gede memang terkenal dengan kompleks bangunan yang bersejarah. Banyak bangunan bersejarah yang berlokasi di Kota Gede.

Hampir semua bangunan tersebut masih dijaga keasliannya. Sehingga wisatawan menjadikan Kota Gede sebagai destinasi wisata sejarah.

Bangunan-bangunan unik dan bersejarah dapat wisatawan temui di Kota Gede. Seperti, Masjid Gedhe Mataram, Tembok Ijo, Masjid Perak, Omah Pesik, Makam Raja Mataram dan Langgar Duwur Jagalan.

Omah UGM beralamat lengkap di Kampung Bodon, Jagalan, Kota Gede, DIY. Lokasinya yang berada di tengah pemukiman warga cukup sulit ditemukan.

Omah UGM di Kota GedeOmah UGM di Kota Gede Foto: Aisyah Pretty R/d'Traveler

Tapi, sudah ada gang penunjuk jalan menuju Omah UGM yang menjadi patokan. Melalui gang sempit inilah jalan utama menuju Omah UGM. Jadi, Omah UGM hanya bisa dilalui dengan sepeda motor maupun jalan kaki.

Untuk masuk ke Omah UGM pengunjung diwajibkan mengisi buku tamu dan membayar seikhlasnya. Jadi tidak ada biaya retribusi khusus di Omah UGM.

Selama berkeliling Omah UGM pengunjung akan didampingi oleh penjaga di sini. Penjaganya sangat ramah dan dengan senang hati akan menceritakan sejarah Omah UGM.

Menurut cerita dari penjaga, Omah UGM dulunya rumah milik keluarga Parto Darsono. Namun rumah tersebut sudah lama tidak dihuni. Saat gempa 2006 mengguncang Yogyakarta, sebagian dari bangunan ini runtuh. Sehingga UGM membeli rumah ini dan menjadikannya sebagai cagar budaya.

Omah UGM di Kota GedeOmah UGM di Kota Gede Foto: Aisyah Pretty R/d'Traveler

Saat ini, Omah UGM dikenal sebagai destinasi bersejarah di Kota Gede. Selain itu, Omah UGM digunakan sebagai tempat kuliah mahasiswa arsitektur.

Tidak hanya itu saja di Omah UGM juga digunakan untuk kegiatan prewedding. Bahkan, acara pernikahan juga dapat digelar di tempat ini.

Jadi, traveler sudah tahu kan UGM punya cagar budaya di Kota Gede.

***

Artikel merupakan kiriman pembaca detikcom. Bagi yang ingin berbagi pengalaman traveling, traveler bisa mengirimkan artikel dan foto lewat sini.



Simak Video "Rindu Suasana Jepang? Datang Saja ke Kalinampu"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA