Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Okt 2020 17:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Resto Legian Garden, Ikon Malioboro Yogyakarta yang Ikut Terbakar

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Cafe Legian Garden yang berada di dekat gedung DPRD DIY terbakar.
Resto Legian Garden yang terbakar di Malioboro, Yogyakarta (Pius Erlangga/detikTravel)
Yogyakarta -

Resto legendaris Legian Garden di deretan Jalan Malioboro, Yogyakarta ikut jadi korban aksi demo Omnibus Law UU Cipta Kerja. Padahal, resto ini populer di kalangan turis.

Selain di DKI Jakarta, demo berbuntut rusuh juga terjadi di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis malam (8/10). Salah satu yang jadi korban amukan demonstran adalah Resto Legian Garden yang terletak di lantai 2.

Anak pemilik restoran, Demas Prabowo Wicaksana Nugroho (18) menyebut api diketahui berasal dari lantai dua.

"Pastinya jam berapa nggak tahu, tapi posisi saya pas itu di entrance Legian. Tahu-tahu ada yang bilang kebakaran, terus ada banyak orang ngegerombol gitu bantuin buka pintu Legian soalnya posisi kekunci," kata Demas lewat pesan singkat kepada detikcom, Jumat (9/10/2020).

Selain merugikan sang pemilik resto, kabar itu juga jadi duka di kalangan turis. Pasalnya, resto bertema Bali yang sudah ada sejak dulu itu kerap disambangi turis hingga sekarang.

Cafe Legian Garden yang berada di dekat gedung DPRD DIY terbakar.Resto Legian Garden ikut terbakar (Pius Erlangga/detikTravel)

Seperti namanya, Resto Legian Garden memang mengambil konsep kuliner bergaya Bali yang dipadukan dengan makanan Jawa. Lokasinya yang berada di lantai 2 juga menawarkan view Malioboro yang begitu eksklusif.

Namun, ada beberapa alasan kenapa resto ini cukup populer di kalangan turis. Di situs review TripAdvisor misalnya, tak sedikit yang menyinggung kelebihan resto ini karena menawarkan bir yang sudah tak asing bagi kalangan turis.

"Good food & cold beer," tulis seorang turis dari Ljubljana.

"God awful food, but good view over the street and cold beer," tulis turis lainnya.

Ada juga turis yang mengaku semakin dibuat kangen Bali ketika datang ke Resto Legian Garden. Mulai dari nama, suasana sampai menu, memang begitu lekat dengan Bali.

Hanya saja, tak sedikit juga turis yang menyoroti soal servis resto yang lama serta kebersihan di restoran itu. Mayoritas juga memberi review perihal harga yang di atas rata-rata.

Didorong rasa penasaran, detikTravel sendiri pernah menyambangi Resto Legian Garden saat malam minggu beberapa waktu lalu. Saat itu, suasana resto tak begitu ramai dan didominasi oleh turis asing.

Resto Legian Garden di Yogyakarta.Resto Legian Garden di Yogyakarta (TripAdvisor)

Berjumpa dengan seorang kawan, kami memesan sejumlah menu seperti seafood serta mie godhog khas Jawa. Seperti yang dikatakan mayoritas turis, kami menunggu cukup lama sekitar 30 menit hingga makanan kami datang.

Beruntung, minuman tiba lebih awal dan menjadi penyegar dahaga untuk teman ngobrol. Didukung oleh suasana yang temaram dan panorama Jalan Malioboro, membuat kami lebih sabar menunggu makanan tiba.

Ketika makanan datang, rasanya kurang lebih standar seperti makanan serupa pada umumnya. Hanya harus diakui, harga memang sedikit lebih mahal dari umumnya.

Akhir kata, review personal tak jauh beda dengan para turis. Harus diakui, kelebihan Resto Legian Garden terletak pada posisinya yang strategis serta suasana syahdu dengan ragam minuman yang ramah di kalangan turis.

Kekurangannya, kembali kepada servis yang boleh dibilang cukup lama. Harga yang sedikit di atas rata-rata serta rasa yang cenderung standar juga jadi kekurangan.

Hanya kembali lagi, nama Resto Legian Garden tetap layak disebut sebagai ikon Jalan Malioboro yang menawarkan sensasi berbeda di kalangan turis terlepas dari segala kekurangannya.

Sayang, resto legendaris itu malah ikut terbakar pada aksi demo Omnibus Lawa UU Cipta Kerja kemarin. Semoga saja resto itu dapat kembali bangkit dengan peningkatan mutu dan servis yang lebih cepat dan profesional.



Simak Video "Warga Gotong Royong Bersihkan Malioboro Pasca-Ricuh Demo Omnibus Law"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA