Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Okt 2020 17:24 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Selain Jalan di UEA, Nama Jokowi Juga Disematkan ke Jembatan-Taman

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Nama tokoh Indonesia yang menjadi nama jalan di negara sahabat kini bertambah lagi. Presiden Joko Widodo kini punya jalan sendiri di Abu Dhabi.
Jalan Presiden Joko Widodo di UEA Foto: KBRI UEA
Jakarta -

Pesona Presiden Joko Widodo tak hanya diabadikan jadi nama jalan di Uni Emirat Arab, UEA. Namanya juga diabadikan jadi jembatan sampai taman.

Jelang sehari sebelum 1 tahun Jokowi - Ma'Aruf, diresmikan President Joko Widodo St atau Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, UEA, Senin kemarin waktu setempat (19/20).

Kabar baik itu diinfokan oleh Duta Besar RI untuk UEA, Husin Bagis. Husin mengatakan, Putra Mahkota UEA Mohammed bin Zayed memiliki kedekatan khusus dengan Jokowi. Alasannya, Jokowi dinilai sosok yang bersahaja dan rendah hati.

"Dia dekat sama Trump, sama Macron, semua dekat, tapi ya dekat-dekat begitu saja. Tetapi dengan Pak Jokowi lain. Kenapa dekat? Karena dia merasa Pak Jokowi orangnya, masyaallah sangat humble, sangat bersahaja, nggak macam-macam, nggak aneh-aneh, kelihatan," kata Husin.

Husin mengatakan penamaan Jalan Presiden Joko Widodo di UEA merupakan bentuk penghormatan pemerintah UEA kepada Indonesia. Husin berhadap, penamaan Jalan Presiden Joko Widodo ini memperkuat hubungan antara RI dan UEA.

Namun, nama Jokowi tak hanya diabadikan untuk jalan di luar negeri. Dihimpun detikTravel, Selasa (20/10/2020), namanya juga diabadikan jadi jembatan sampai taman. Penasaran?

1. Jembatan Jokowi

Di Magelang, ada satu jembatan yang sempat ngehits karena diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Kini, Jembatan 'Jokowi' itu bersolek kembali.

Adapun, nama aslinya adalah Jembatan Gantung Mangunsuko di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Bangunan jembatan ini sama dengan jembatan gantung pada umumnya. Jembatan ini pun ngehits di Magelang.

Jembatan Jokowi di MagelangJembatan Jokowi di Magelang (Eko Susanto/detikTravel)

Saat mujur, dari atas jembatan ini bisa melihat keindahan Gunung Merapi dari kejauhan. Jembatan sepanjang 120 meter ini menghubungkan antara Desa Mangunsuko dan Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Adapun keberadaan jembatan ini sangat penting bagi warga kedua desa tersebut karena mempersingkat jarak tempuh. Jembatan ini melintang di atas Sungai Senowo.

2. Taman Waduk Pluit

Kemudian ada juga Taman Waduk Pluit di Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarahnya, Joko Widodo saat menjadi Gubernur DKI membuat gebrakan untuk merapikan kawasan ini.

Ribuan warga kemudian direlokasi ke beberapa rumah susun yang disediakan oleh Pemprov DKI, salah satunya Rusun Marunda. Atas pencapaian itu, tak sedikit warga setempat yang menyebut Taman Waduk Pluit dengan sebutan Taman Jokowi.

Sejumlah warga bermain di Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta Utara, Rabu (5/1/2020). Taman yang diresmikan era Jokowi tersebut masih ramai dikunjungi warga setiap sorenya.Sejumlah warga bermain di Taman Kota Waduk Pluit, Jakarta Utara, Rabu (5/1/2020). Taman yang diresmikan era Jokowi tersebut masih ramai dikunjungi warga setiap sorenya (Rifkianto Nugroho/detikTravel)

Itulah nama infrastruktur hingga objek wisata yang lekat kaitannya dengan Presiden Joko Widodo. Menarik untuk disimak, bagaimana masing-masing tempat di atas memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo.



Simak Video "Kini Ada Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA