Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Okt 2020 19:28 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal 3 Lokasi Lahirnya Sumpah Pemuda 1928

Putu Intan
detikTravel
Museum Sumpah Pemuda, Jl Kramat Raya No 106.
Museum Sumpah Pemuda (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Sebelum Sumpah Pemuda lahir 92 tahun lalu, terjadi diskusi panjang yang dilakukan di sejumlah tempat. Berikut ini 3 lokasi yang menjadi saksi kejadian bersejarah tersebut.

Sumpah Pemuda menjadi salah satu momen bersejarah dalam perjalanan menuju Indonesia merdeka. Pada 28 Oktober 1928, para pemuda yang dipelopori oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) melaksanakan Kongres Pemuda II yang akhirnya menelurkan naskah Sumpah Pemuda.

Terdapat setidaknya 3 tempat yang menjadi lokasi pertemuan para pemuda sebelum akhirnya mengumandangkan Sumpah Pemuda. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, inilah tempat-tempat tersebut.

1. Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

Gereja Katedral JakartaKompleks Santa Ursula Jakarta. (Foto: Ari Saputra)

Perjalanan pertama dimulai dari gedung yang terletak di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Lokasi ini menjadi tempat rapat pertama Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27 Oktober 1928.

Rapat tersebut dipimpin Ketua PPPI Sugondo Djojopuspito yang kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Mohammad Yamin. Kala itu, Mohammad Yamin menjelaskan mengenai 5 faktor yang dapat memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Dewasa ini, Gedung Katholieke Jongenlingen Bond difungsikan sebagai Sekolah Santa Ursula. Lokasi tepatnya berada di dalam gedung sekolah yang sampai saat ini masih dipertahankan keasliannya.

2. Gedung Oost-Java Bioscoop

Jalan Medan Merdeka UtaraJalan Medan Merdeka Utara. (Foto: Ari Saputra)

Sehari kemudian, Kongres Pemuda II masih berlanjut dengan membahas tentang pendidikan. Pembicara saat itu adalah Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro.

Gedung itu dulunya terletak di Jalan Merdeka Utara, tidak jauh dari Mahkamah Agung dan Istana Negara. Sayangnya, saat ini gedung itu sudah tidak ada.

3. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda menyimpan berbagai foto-foto dan benda-benda yang berhubugan dengan pergerakan nasional pemuda Indonesia.Museum Sumpah Pemuda menyimpan berbagai foto-foto dan benda-benda yang berhubugan dengan pergerakan nasional pemuda Indonesia. (Foto: Pradita Utama)

Setelah membahas masa depan pendidikan, para pemuda pun mengumandangkan Sumpah Pemuda di gedung Indonesische Clubgebouw yang kini dikenal sebagai Museum Sumpah Pemuda.

Museum Sumpah Pemuda ini terletak di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Museum ini dulunya juga sempat dijadikan tempat tinggal para pemuda yang berasal dari berbagai daerah di nusantara. Beberapa di antaranya adalah Soegondo Djojopoespito, AK Gani, Johannes Leimena, Katjasungkana dan Mohammad Roem.

Jika traveler datang ke Museum Sumpah Pemuda, akan terlihat berbagai koleksi seperti naskah asli Sumpah Pemuda dan lagu Indonesia Raya. Di sana juga tersimpan biola milik WR Soepratman yang digunakan untuk memainkan lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya.

Nah itulah lokasi yang menjadi saksi lahirnya Sumpah Pemuda 1928. Traveler dapat melakukan napak tilas sembari menyelami makna persatuan Indonesia yang dulu dikumandangkan para pemuda.



Simak Video "Rayakan Sumpah Pemuda dengan Tanam Terumbu"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA