Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Okt 2020 19:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengejar Sunrise dengan Naik Mobil Jip di Gunung Telomoyo

Eko Susanto
detikTravel
Naik Gunung Telomoyo dengan jeep
Naik jip untuk menikmati keindahan Gunung Telomoyo. (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang -

Menuju sampai puncak Gunung Telomoyo yang berada di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, bisa naik sepeda motor. tapi ada pilihan untuk menggunakan mobil jip sampai atas.

Pengunjung yang ingin naik Gunung Telomoyo maupun menikmati keindahan pemandangan dengan naik jeep bisa melakukan reservasi dari Dalangan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Di sini tersedia 10 armada jip yang tergabung dalam Telomoyo Jip Explore.

Jika ingin naik jip ini tersedia paket siang hari, yang reservasi mulai pukul 07.00 sampai 15.00 WIB. Kemudian, paket sunset mulai pukul 16.00 WIB dan terakhir paket Sunrise mulai pukul 04.00 WIB. Untuk harga per paketnya berbeda-beda, kemudian fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan juga berbeda.

"Kita konsepnya wisata. Kita utamakan yang pertama harus membawa wisatawan. Yang kedua, kita harus menjaga untuk safety setiap pengunjung itu. Kemudian, juga harus bisa menjaga diri dengan kendaraan yang baik," kata Gunardi, salah satu pengelola Telomoyo Jip Explore, saat ditemui, Selasa (20/10/2020).

"Dari parkiran (Dalangan) itu untuk sampai ke puncak itu sekitar 7 km perjalanan sekitar 30 menit, nanti berhenti ke spot-spot foto untuk mengabadikan momen," tuturnya.

Traveler harus merogoh kocek untuk menyewa jip sesuai dengan waktu yang dipilih. Yang paling murah, Rp 350.000 dan yang termahal Rp 750.000. Reservasi naik jeep mulai pukul 07.00 WIB.

Naik Gunung Telomoyo dengan jeepNaik Gunung Telomoyo dengan jeep Foto: Eko Susanto/detikTravel

"Durasi waktu 2,5 jam pulang-pergi. Di puncak sekitar 1,5 jam. Ada lagi paket mulai jam 16.00, paket sunset Rp 550.000, itu include tiket masuk dan nanti pas turun dapat kopi," kata Gunardi.

"Kemudian, ada paket lagi yang sunrise, start jam 04.00 pagi, nanti turun sampai bawah sekitar jam 07.00-07.30 turun. Itu harganya Rp 750.000, itu sudah include tiket masuk, kemudian dapat kopi dan snack," dia menambahkan.

Wisata jip dibuka sejak setahun yang lalu, namun pada masa pandemi virus Corona baru sekitar dua bulanan terakhir kembali beroperasi. Awal ada wisata jip terkadang seminggu naik sekali, kemudian sekarang antusias pengunjung semakin banyak. Bahkan pada akhir pekan sampai kewalahan melayani pengunjung.

"Kalau awal-awal yang namanya buka lahan kadang dulu seminggu naik sekali. Tapi semakin, ke sini antusias untuk penumpang itu semakin banyak," ujar Gunardi.

"Apalagi, Jumat, Sabtu, Minggu, kadang kita kewalahan. Kewalahan sudah banyak yang booking, tapi wisatawan yang datang pas hari itu juga banyak. Kadang kita kehabisan jip," tuturnya seraya saat ini ada 10 armada jeep, itu.

Setelah wisata Gunung Telomoyo dibuka saat pandemi COVID-19, jeep sempat mangkal di Omah Kembang Resto di Ngablak. Kini, kembali parkir di Dalangan, rute menuju puncak Telomoyo.

"Jip ini sekitar satu tahun, tapi setelah pandemi ini baru sekitar dua bulanan. Dulu sempat tutup itu, terus kita tidak mangkal, sementara mangkal disini (Omah Kembang Resto), tidak semua. Sekarang, jeep tetap parkir disana (Dalangan)," ujarnya.

Naik Gunung Telomoyo dengan jeepNaik Gunung Telomoyo dengan jip Foto: Eko Susanto/detikTravel

Salah satu wisatawan, Angga, mengusulkan naik jeep menuju puncak Gunung Telomoyo perlu diperhatikan soal safety. Kemudian, perlunya adanya pengelola yang mengatur arus lalu lintas terutama di jalan menikung agar wisatawan lainnya bisa lewat.

"Perlunya safety kondisi jipnya. Kemudian, kami mengusulkan adanya petugas yang mengatur arus lalu lintas terutama saat di jalan menikung sehingga antara jip dengan wisatawan lain terutama pengendara sepeda motor," tuturnya.



Simak Video "Asyiknya Motoran Naik Gunung Telomoyo"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA