Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Okt 2020 17:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sedap! 5 Kota Ini Punya Racikan Soto Enak Tiada Tara

Nurcholis Maarif
detikTravel
Soto Betawi, Coto Makassar, Soto Boyolali, Soto Kudus
Foto: shutterstock-Soto Daging Betawi
Jakarta -

Soto merupakan kuliner populer yang dapat ditemukan di banyak daerah #DiIndonesiaAja. Setiap daerah biasanya punya ragam, varian, penyajian hingga penamaannya, seperti di daerah Jawa Tengah bagian barat yang disebut sroto dan di Sulawesi Selatan yang disebut coto.

Di dalam satu wilayah atau daerah tertentu bahkan terdapat beberapa varian soto, misalnya di Yogyakarta ada soto kadipiro, soto tamansari, dan soto wonosari. Varian soto tersebut punya karakter dan cita rasa yang khas.

Secara garis besar, salah satu makanan khas Indonesia ini terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan biasanya sapi, ayam, hingga kambing maupun jeroan. Soto biasanya dihidangkan dengan nasi, ketupat, lontong, hingga bihun.

Agar semakin nikmat, ada berbagai macam lauk yang ditambahkan di soto seperti ragam gorengan, kerupuk, perkedel, emping, sambal, sate usus, dan lain sebagainya. Setiap daerah tentu punya racikan bahan tersendiri hingga penyajian soto yang khas dan enak untuk disantap.

Nah, jika kamu penyuka dan penikmat soto, ada beberapa rekomendasi soto yang wajib dicoba. Berikut daftarnya.

Soto Betawi

Soto betawi merupakan soto populer yang ada di Ibukota Indonesia, Jakarta. Salah satu masakan khas Betawi ini punya ciri khas kuah santan yang kental dan kerupuk warna-warni. Kuah ini merupakan campuran santan dan susu.

Seperti halnya soto madura dan soto sulung, soto betawi juga menggunakan jeroan dan organ lain seperti mata, torpedo, dan hati. Selain itu, soto betawi biasanya menggunakan potongan tomat segar, daun bawang, kerupuk, dan bawang goreng serta dimakan dengan acar timun dan sambal rawit merah.

Coto Makassar

Soto Betawi, Coto Makassar, Soto Boyolali, Soto KudusCoto Makassar Foto: shutterstock

Coto makassar biasanya dinikmati dengan ketupat atau buras khas Makassar. Kuahnya dibuat dari rebusan jeroan bercampur daging sapi yang diiris-iris kecil. Coto makassar atau bisa disebut coto mangkasara ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan jenis soto lain di Indonesia.

Namun, makanan khas Makassar ini punya khas bumbu rempah dan kacang untuk membuat kuah yang kental. Sebab ada 40 macam rempah untuk membuat coto makassar atau orang Makassar menyebutnya ampah patang pulo.

Soto Banjar

Tak hanya di Jawa, soto juga ada di Kalimantan dan salah satu soto yang direkomendasikan ialah soto banjar. Salah satu yang mencolok dari soto banjar ialah bahan utamanya berupa ayam kampung. Soto ini memiliki aroma yang khas karena ditambah rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan pala.

Soto banjar disajikan dalam mangkuk dengan suwiran ayam bersama perkedel kentang, mi sohun, dan ketupat. Lalu di atasnya ditaburkan irisan batang seledri dan daun bawang serta dapat dituangkan ke dalam mangkuk. Terbayang nikmatnya, kan?

Soto Boyolali

Soto Betawi, Coto Makassar, Soto Boyolali, Soto KudusSoto Boyolali Foto: shutterstock

Beda dengan soto betawi, kekhasan dan kenikmatan dari soto boyolali justru berada pada kuah beningnya. Kekhasan selanjutnya terletak pada bahan bumbu berupa bawang putih dengan jenis tertentu, yaitu bawang kating yang relatif mudah ditemukan di Boyolali. Inilah yang membuat soto boyolali enak dan sedap buat disantap.

Soto Kudus

Soto Betawi, Coto Makassar, Soto Boyolali, Soto KudusNasi Soto Kudus Foto: shutterstock

Hampir sama dengan soto boyolali atau soto lamongan, soto kudus juga berkuah bening. Soto kudus biasanya disajikan di mangkuk kecil dan nasinya dicampur ke dalam soto, meski bisa dipisah. Soto kudus berisi suwiran ayam dan tauge. Selain itu, soto kudus juga kadang mengambil bahan utama kerbau.

Itulah 5 jenis soto khas daerah yang wajib dijajal buat pecinta soto. Kelima soto tersebut hanya dapat ditemukan #DiIndonesiaAja dan saat berkunjung mencoba makanan khas ini jangan lupa untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di destinasi wisata seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, ya! Dari kelima soto tersebut mana aja nih yang sudah pernah dicoba dan jadi favoritmu?



Simak Video "Liburan Seru Ke Bintan"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA