Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Okt 2020 10:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Serunya Menjelajahi Kawah Gunung Galunggung saat Libur Panjang

Deden Rahadian
detikTravel
Wisata di Kawah Gunung Galunggung
Kawah Gunung Galunggung. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya -

Momen libur panjang dimanfaatkan sebagian warga untuk mengunjungi objek wisata. Salah satunya kawah Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pengelola mengaku terjadi peningkatan wisatawan sebanyak 100 persen. Meski masa pendemi, pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah termasuk Jakarta, Bekasi, Bandung hingga wisatawan lokal.

"Alhamdulillah terjadi peningkatan 100 persen dari biasanya. Kalau hari hari biasa setelah dibuka lockdown pengunjung berjumlah 100 sampai 200 orang. Saat ini di atas 300 orang," ucap Pengelola Objek Wisata Kawah Gunung Galunggung Ari Permana ketika ditemui detikcom, Sabtu (31/10/2020).

Panorama alam khas pegunungan yang segar menghadirkan sensasi wisata bagi pengunjung. Mereka bisa mendapatkan keseruan berwisata di kawah Gunung Galunggung.

Wisata di Kawah Gunung GalunggungWisata di Kawah Gunung Galunggung. Foto: Deden Rahadian/detikcom

Sejak diperjalanan, ratusan kawanan monyet liar menyapa para wisatawan. Hewan primata ini kadang menghalangi jalan untuk mencari makan. Meski demikian, kawanan monyet ini tidak pernah menyerang pengunjung alias jinak.

"Seru ini monyet liarnya di jalanan. Banyak sekali. Kadang takut tapi seru. Pelan pelan aja jalan kendaraannya," kata pengunjung asal Tasikmalaya, Weni Herliawati.

Keseruan masih berlanjut saat pengunjung hendak menuju Kawasan Bibir Kawah. Pengunjung dihadapkan bentangan anak tangga yang eksotis.

"Indah kelihatanya, terjal menarik untuk dicoba dinaiki. Saya pertama kali ke sini," kata pengunjung asal Bekasi, Irman.

Pengunjung bisa merasakan Adrenalin menaiki 620 anak tangga menuju kawasan kawah Gunung Galunggung. Tangga yang cukup curam sejauh 315 meter harus ditaklukkan pengunjung agar sampai bagian atas Gunung Galunggung.

Terpaan angin yang cukup kencang ditambah tingginya Anak tangga mewajibkan pengunjung ekstra kuat secara fisik. Mereka harus pintar mengatur ritme langkah kaki agar badan tidak cepat lelah.

"Anak tangganya tinggi banget. Pasti menyenangkan ini. Tapinya harus kuat fisik," ungkap Aris warga Bandung.

Wisata di Kawah Gunung GalunggungWisata di Kawah Gunung Galunggung. Foto: Deden Rahadian/detikcom

Setibanya di atas, pengunjung bisa menikmati pemandangan menakjubkan. Air terjun dari dinding kawah, hamparan kawah dengan air berwarna hijau hingga pemandangan ketinggian khas pegunungan bisa memanjakan mata yang melihatnya.

"Luar biasa pemandangannya. Udaranya segar, alamnya super indah. Senang saya disini," kata pengunjung asal Cirebon, Iren.

Khusus di tengah pandemi COVID-19, kunjungan wisatawan dibatasi mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk biaya, Anda cukup merogoh kocek Rp 15 ribu untuk masuk kawasan wisata kawah Gunung Galunggung.



Simak Video "Wisata Kawah Gunung Galunggung Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA