Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Okt 2020 13:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Objek Wisata Baru dan Hits di Ciamis, Alternatif Libur Cuti Bersama

Dadang Hermansyah
detikTravel
Wisata Ciamis
Sedekan River Tubing Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Ciamis punya sejumlah objek wisata baru yang hits. Cocok nih dikunjungi saat libur cuti bersama.

Meski Kabupaten Ciamis belum menjadi daerah tujuan wisata, namun banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Bahkan kini ada beberapa destinasi wisata baru yang bisa menjadi alternatif mengisi waktu libur cuti bersama Oktober 2020.

Ciamis memiliki destinasi wisata alam yang cukup banyak, seperti beberapa Curug atau Air Terjun seperti Curug 7 Cibolang, wisata danau yakni Situ Lengkong Panjalu, wisata sungai dan hutan Pinus. Ada juga beberapa destinasi wisata buatan yang tak kalah menarik. Berikut empat destinasi wisata baru di Ciamis.

1. Kampung Wisata Sinarmulya Bojongsari

Wisata CiamisKampung wisata Sinarmulya. Foto: Dadang Hermansyah/detikcom

Kampung wisata ini berada di Desa Gegempalan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Cocok untuk liburan keluarga dan tempat rekreasi anak-anak.

Uniknya banyak wahana permainan tradisional zaman dulu yang bisa dimainkan. Sehingga sejenak bisa melupakan anak terhadap ketergantungan gawai atau gadget.

Lokasinya mudah dijangkau, 30 menit dari pusat perkotaan Ciamis. Dari Jalan Nasional Cikoneng-Tasikmalaya, tepat di kawasan Mandalika belok kemudian ikuti petunjuk jalan yang ada.

Tempat wisata ini baru dibuka pada pertengahan Agustus kemarin dengan luas 1 hektar di lahan lereng. Meski masih dalam tahap penataan tapi sudah bisa dikunjungi.

Uniknya, tidak ada tiket khusus untuk masuk ke lokasi wisata. Pengunjung hanya cukup membayar seikhlasnya untuk sedekah dengan memasukkannya ke kotak depan pintu masuk.

Wisata Sinarmulya ini dikelola secara bergotong royong oleh masyarakat setempat. Karena awalnya warga hanya berniat membersihkan kebun yang sudah dipenuhi semak-semak.

Tapi ketika ada anak-anak bermain sekitar kebun kayu itu. Sehingga terpikir ide untuk dijadikan sebuah tempat wahana bermain anak-anak. Warga kemudian mulai melakukan penataan menjadi tempat wisata berbasis alam yang dipadukan dengan wahana permainan tradisional dan religi.

Kepala Dusun Bojongsari Yoyon Sopyan mengatakan menjelaskan ada beberapa wahana permainan untuk anak maupun dewasa. Seperti ayunan, perosotan, jungkitan, beberapa spot foto dengan pemandangan indah, roller coaster tradisional dari bambu yang biasa disebut 'lori-lorian', permainan egrang atau jungkung, perosotan menggunakan ember di tanah dan permainan Tradisional lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA