Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Nov 2020 19:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Tempat Wisata di Surabaya, Pas untuk Ajak Keluarga Juga Prewedding

Femi Diah
detikTravel
taman tugu pahlawan surabaya
Tugu Pahlawan dan 10 destinasi wisata Surabaya (Tedi Permana/dTraveler)
Surabaya -

Surabaya identik dengan perayaan Hari Pahlawan. Ibu kota Jawa Timur itu juga memiliki sederet tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi, apa saja ya?

Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Itu diputuskan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Di tanggal tersebut pada tahun 1945, terjadi pertempuran militer Indonesia melawan tentara Inggris dan Belanda di Surabaya. Pertempuran yang dikenal sebagai pertempuran Surabaya itu menewaskan ribuan pejuang Indonesia.

Untuk mengenang jasa para pejuang itu, Surabaya juga membangun Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan itu berada di Taman Kebonrojo, yang berseberangan dengan Gedung Kantor Gubernur Jatim.

Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter terdapat Museum 10 Nopember. Di dalam museum itu tersimpan foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan, juga benda-benda untuk mengenang perjuangan para pahlawan.

Selain itu, Surabaya memiliki sejumlah destinasi wisata yang pas untuk disambangi traveler bersama teman atau keluarga. Apa saja?

Berikut 10 destinasi wisata Surabaya:

1. Kenpark

Kenpark alias Kenjeran Park berada di Jalan Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya. Tempat wisata ini memiliki beragam pilihan wisata, yakni Waterpark Kenpark, Atlantis land, Kya-Kya Sho, Kelenteng sanggar Agung, dan Gedung Istana Langit.

Kenjeran Baru atau KenparkKenjeran Baru atau Kenpark Foto: (arief kas/d'Traveler)

Kenpark buka setiap hati mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. tiket cuma Rp 5.000 per orang, namun traveler perlu membayar lagi untuk masuk setiap wahana. Sebagai gambaran, untuk masuk waterpark, pelancong dipunggut biaya Rp 10 ribu pada tengah pekan dan Rp 15 ribu di akhir pekan.

Lokasi: Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya

2. Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan Tanjung Perak ini menjadi pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia, cuma kalah dari Tanjung Priok di Jakarta. Tempat ini pas untuk pehobi fotografi dan pencari senja.

Arus Peti Kemas Transhipment di Tanjung PerakArus Peti Kemas Transhipment di Tanjung Perak Foto: Dok. Pelindo III

Salah satu lokasi favorit untuk menatap senja di Pelabuhan Tanjung Perak ada di Surabaya North Quay (SNQ). Gedung itu memiliki tiga lantai dengan masing-masing lantai memiliki fungsi berbeda-beda.

Lantai satu SNQ digunakan sebagai tempat keluar masuk pengguna kapal. Lantai dua terdapat ruang tunggu pengunjung kapal,mushola, dan kantor. Pada lantai tiga dikhususkan untuk tempat berjualan, baik untuk makanan hingga oleh-oleh yang dilengkapi dengan pemandangan Jembatan Suramadu dan tempat kapal pesiar.

SNQ dapat ditempuh sekitar 20 menit dari pusat Kota Surabaya dan dapat ditempuh dengan mobil atau pun motor. Pengunjung yang ingin ke SNQ hanya dipungut biaya Rp 10.000. Biaya parkir untuk mobil Rp 7.500 dan untuk motor Rp 5.000.

Lokasi: Perak Timur, Pabean Cantian, Surabaya.

3. Kampung Bulak

Kampung Bulak disulap menjadi kampung warna-warni. Kampung Bulak juga melengkapinya dengan titik instagramable.

Kampung nelayan di Kecamatan Bulak dipermakKampung nelayan di Kecamatan Bulak dipermak Foto: Istimewa

Untuk masuk ke kampung ini, traveler hanya perlu merogoh kocek Rp 2.000. Pengunjung bisa datang mulai pukul 08.00 pagi hingga 10 malam. Kampung Bulak ini terletak dekat dengan Pantai Ria Kenjeran.

Lokasi: Kenjeran, Bulak, Kota Surabaya.

4. Monumen Bambu Runcing

Monumen Bambu Runcing terdiri dari lima pilar dan memiliki tinggi yang tidak sama. Bukan bambu sungguhan, namun imitasi dan dibentuk menyerupai bambu runcing. Pada waktu tertentu, akan ada air yang mengalir keluar dari bambu runcing, layaknya air mancur.

Monumen Bambu Runcing SurabayaMonumen Bambu Runcing Surabaya Foto: Zainal Effendi

Monumen Bambu Runcing terletak di jantung kota Surabaya, di tengah batas jalan yang memisahkan dua jalur di Jalan Panglima Sudirman. Monumen ini juga dekat dengan Kebun Binatang Surabaya, Tunjungan Plaza, Surabaya Plaza dan Tugu Pahlawan Surabaya.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya

5. Wisata Hutan Mangrove

Wisata Hutan Mangrove lokasinya tidak jauh dengan Kebun Bibit Wonorejo. Di sini, traveler bisa memancing atau sekadar berfoto.

Hutan Mangrove Wonorejo SurabayaHutan Mangrove Wonorejo Surabaya Foto: Dhianna Puspitasari/d'Traveler

Pengelola memudahkan traveler untuk tidak perlu turun ke lumpur tempat tumbuhan mangrove tumbuh dengan membangun jembatan kayu.

Lokasi: Jl. Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya

Selanjutnya
Halaman
1 2

BERITA TERKAIT
BACA JUGA