Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Nov 2020 13:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sejarah Petamburan, Rumah Habib Rizieq dan Markas Besar FPI

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Suasana di sekitar kediaman Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta Barat
Petamburan di Jakarta Barat (Sachril/detikTravel)
Jakarta -

Hari ini Habib Rizieq Shihab pulang ke Indonesia. Imam besar FPI itu langsung bertolak ke Petamburan. Mari kita kenal sejarahnya.

Sejak lama, nama Petamburan di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Barat, identik dengan kediaman dari Habib Rizieq sekaligus markas besar ormas Front Pembela Islam atau FPI.

Dilihat detikTravel dari buku 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM yang juga penulis buku Trilogi Jakarta, Selasa (10/11/2020), ia menulis kalau Petamburan lekat dengan kisah penambuh tambur yang begitu tersohor di masa Hindia Belanda.

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dijadwalkan tiba di Indonesia pagi ini. Massa FPI telah berkumpul di Markas FPI, Jalan Petamburan, Jakarta. Begini potretnya.Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dijadwalkan tiba di Indonesia pagi ini. Massa FPI telah berkumpul di Markas FPI, Jalan Petamburan, Jakarta. Begini potretnya (Pradita Utama/detikTravel)

Konon, sang penabuh tambur itu dahulu kerap jadi langganan tentara Belanda. Tak jarang ia kerap berkeliling kampung di lokasi yang jadi Petamburan kini.

Hingga suatu hari, sang penabuh tambur itu meninggal dunia dan dimakamkan di bawah pohon jati yang dahulu banyak di sana. Merujuk dari cerita itu, Petamburan diambil dari pemain tambur tersebut. Malah, ada juga nama lain Jati Petamburan yang tak kalah populer.

Hanya yang tak kalah menarik, Habib Rizieq juga menghabiskan masa kecilnya di kawasan Petamburan. Cerita itu dikisahkan dalam buku berjudul Sisi Lain Habib Rizieq karya Fikry Muhammadi.

Lahir di Jakarta pada 24 Agustus 1966, Rizieq merupakan anak Habib Hussein Shihab dan Syarifah Sidah al-Attas. Memiliki nama kecil Ayip, Habib Rizieq sendiri besar di lingkungan keluarga Hadhrami.

Fakta menarik lain, Habib Rizieq malah tidak menimba pendidikan formal di madrasah. Habib muda malah bersekolah di SMP Krsiten Bethel dekat rumahnya dan melanjutkan pendidikan di SMAN 4 Gambir, Jakarta Pusat, seperti tertulis dalam buku karya Fikry.

Setelah lulus dari bangku SMA, Habib Rizieq mulai melanjutkan pendidikan sarjananya di Universitas King Saud, Arab Saudi dengan jurusan studi agama Islam. Kemudian, jalannya mulus hingga dikenal sebagai imam besar FPI dewasa ini.



Simak Video "Melihat Kesibukan di Markas FPI Sambut Kedatangan Habib Rizieq"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA