Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Nov 2020 09:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Susur Sungai Sampai Lihat Buaya di Muara Sebuhur, Kalsel

fahmi
detikTravel
Muara dan sungai di Kabupaten Tanah Laut.
Buaya di Muara Sebuhur, Kalsel (ismailfahmi592/d'Traveler)
Tanah Laut -

Kabupaten Tanah Laut di Kalimantan Selatan punya alam yang masih perawan. Traveler bisa susur sungai hingga lihat buaya dan pantai di sana.

Sebuhur, salah satu desa yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya terletak di Kabupaten Tanah Laut Kecamatan Jorong. Dengan luas wilayah 235 km2, Desa Sebuhur memiliki potensi wisata alam yang cukup eksotis. Antara lain potensi pantai, sungai, eksotisme sosial budaya masyarakat, flora dan faunanya.

Berdasarkan SK Menhut tahun 2009 No 435/Menhut-II/2009 tanggal 23 Juli 2009, Sebuhur termasuk kawasan Suaka Margasatwa Pelaihari. Hal itu menandakan bahwa Desa Sebuhur banyak memiliki potensi alam yang luar biasa.

Para traveler yang ingin menikmati keindahan pesona alam perawan di Kalimantan Selatan, patut untuk mencoba berwisata di Desa Sebuhur. Salah satu yang dapat dinikmati adalah melakukan wisata susur Sungai Sebuhur.

Muara dan sungai di Kabupaten Tanah Laut.Muara dan Sungai Sebuhur di Kabupaten Tanah Laut (ismailfahmi592/d'Traveler)

Dengan menggunakan klotok milik masyarakat dan hanya perlu membayar Rp 350.000, maka kita akan menikmati perjalanan yang cukup menyenangkan. Kita akan dimanjakan pesona alam yang masih alami, sisi kanan dan kiri penuh ditumbuhi pohon nipah (Nypa tructicans), rambai (sonneratia sp) dan tentu kita juga akan mendapat sambutan binatang khas Kalimantan, bekantan yang bergelantungan di pohon-pohon dekat Sungai Sebuhur.

Tetapi kita juga perlu mengarahkan pandangan mata kita ke arah sungai, karena kita juga sewaktu-waktu kita akan dapat melihat buaya muara (crocodylus porosus). Para traveller jangan khawatir, karena buaya Muara Sebuhur tidak akan mengganggu perjalanan kita.

Apalagi bagi masyarakat Sebuhur sendiri, terlihat anak-anak dengan riangnya bermain di sungai. Namun, sebagai antisipasi wajar kita tetap waspada.

Perjalanan sekitar 1,5 jam, maka kita akan sampai di Pantai Sebuhur dengan pemandangan yang cukup indah. Kita dapat berkemah bersantai bersama para nelayan yang asyik mencari ikan.

Pada malam harinya ditemani suara deburan ombak, apalagi sambil memanggang ikan. Maka suasana malam semakin indah sambil menikmati gurihnya ikan segar.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, fahmi dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Kejuaraan Daerah Balap Motor, Tanah Lau"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA