Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Okt 2020 09:25 WIB

TRAVEL NEWS

Batas Wilayah Indonesia Sebelah Timur, Barat, Utara dan Selatan

Lusiana Mustinda
detikTravel
Pulau Buru merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Karimun, Kepri. Jalur laut jadi akses untuk menuju ke pulau yang berada di perbatasan Indonesia itu.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia memiliki banyak pulau. Di beberapa wilayah juga berbatasan dengan negara lain. Mana saja ya batas wilayah Indonesia sebelah Timur, Barat hingga Selatan.

Indonesia memiliki perairan yang luas sehingga disebut dengan negara maritim. Wilayah perairan yang dimiliki Indonesia bahkan luasnya 2/3 lebih luas daripada daratan.

Tentunya perbatasan wilayah menjadi hal yang sangat penting. Batas laut negara Indonesia bersinggungan langsung dengan beberapa negara.

Letak astronomis wilayah dapat dilihat melalui garis bujur dan lintang. Secara astronomis, Indonesia terletak di antara 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan serta di antara 95 derajat bujur timur sampai 141 derajat bujur timur (6˚LU - 11˚LS serta 95˚BT - 141˚BT).

Sedangkan secara geografis Indonesia terletak di antara benua Asia dan Australia. Dan berada di antara dua samudera yakni Samudera Hindia dan Pasifik.

Berikut batas wilayah Indonesia sebelah Timur dan Barat serta Utara dan Selatan:

1. Batas Wilayah Indonesia Sebelah Barat

Batas wilayah Indonesia sebelah barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Perairan Negara India. Pulau yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan Laut Andaman adalah Pulau Ronde (Indonesia) dan Nicobar (India).

2. Batas Wilayah Indonesia Sebelah Timur

Batas wilayah Indonesia sebelah timur berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik.

3. Batas wilayah Indonesia Sebelah Utara

Di bagian utara Indonesia ada pulau Kalimantan. Pulau ini berbatasan langsung dengan Malaysia di bagian timur. Dan di bagian utaranya berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

4. Batas wilayah Indonesia Sebelah Selatan

Di bagian Selatan, Indonesia berbatasan langsung dengan Timor Leste. Pada tahun 1999, Timor Leste memisahkan diri dan menjadi negara sendiri tidak lagi menjadi bagian dari Indonesia.

Itulah batas wilayah Indonesia bagian Barat dan Timur serta Utara dan Selatan.





Simak Video "Karawang Barat-Karawang Timur Padat Imbas Evakuasi Truk Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA