Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Nov 2020 20:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor, Begini Rasanya Jalan-jalan di Sana

Syanti Mustika
detikTravel
malioboro malam hari tanpa kendaraan
Malioboro yang bebas kendaraan bermotor Foto: (Syanti/detikcom)
Yogyakarta -

Untuk beberapa saat tak ada kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di kawasan Malioboro. Para turis bisa menikmati pedestrian Malioboro dengan santai dan total.

Semenjak tanggal 3 November, Pemerintah DIY Yogyakarta melakukan uji coba bebas kendaraan bermotor di kawasan Malioboro.

Uji coba bebas kendaraan bermotor sedang dilakukan pada 3 - 15 November yang berlaku setiap hari pukul 18.00-21.00 WIB.

Tadinya kebijakan ini berlaku 06.00 WIB hingga 22.00 WIB namun diubah pada hari ini menjadi pukul 18.00-21.00 WIB saja, karena ada keluhan pedagang Malioboro yang kesulitan bongkar muat barang.

Meski lebih pendek, salah satu imbas dari penutupan ini adalah bebasnya turis berjalan menikmati kawasan Malioboro.

Turis Diingatkan Tidak Bawa Kendaraan Bermotor

Beberapa waktu lalu detikcom bermain ke Yogyakarta dan melipir ke kawasan Malioboro. Saat mendekat ke arah Malioboro, kami pun diingatkan bahwa tidak boleh motor masuk dan harus mencari parkiran di luar kawasan yang dibatasi.

Ya, detikcom saat itu membawa kendaraan bermotor berkunjung ke sana.

malioboro malam hari tanpa kendaraanMalioboro malam hari tanpa kendaraan Foto: (Syanti/detikcom)

Setelah parkir, kami pun masuk kawasan Malioboro dan memang tidak ada terlihat motor ataupun mobil lalu lalang di sana. Para wisatawan dengan santai dan bebas berjalan dan foto-foto di tengah jalan tanpa khawatir.

Kendaraan Tertentu Masih Bisa Lewat Maliboro

Terlihat jajaran andong dan becak menghiasi jalanan di Malioboro. Meski bebas kendaraan bermotor di Malioboro, kebijakan ini tetap punya pengecualian yakni membolehkan kendaraan tertentu lewat seperti bus TransJogja, kepolisian, layanan kesehatan, mobil pemadam kebakaran dan patroli. Sepeda juga masih boleh melintas namun dilarang berhenti.

Rasa lega dan bebas berjalan sepertinya tidak hanya dinikmati oleh detikcom saja. Wisatawan yang juga ramai di kawasan Malioboro sepertinya juga merasakan kebebasan yang sama. Mereka terlihat leluasa berjalan di tengah jalan, berfoto-foto dan berbincang ria bersama rekan dan keluarganya.

malioboro malam hari tanpa kendaraan Foto: (Syanti/detikcom)
malioboro malam hari tanpa kendaraanTuris berfoto di tengah jalan Malioboro Foto: (Syanti/detikcom)

Juga terlihat para muda-mudi yang asyik menikmati jalanan Malioboro dengan bermain skateboard dan sepatu roda. Ada juga rombongan pesepeda melintas dan berfoto-foto di sana.

Semua umur menghiasi jalanan Malioboro pada malam itu. Ada yang berjalan dengan keluarganya, pasangannya, ada juga yang membawa anjing lucu yang menarik perhatian beberapa pasang mata yang gemas dengan rupanya.

Selanjutnya: Wisatawan Diminta Selalu Pakai Masker

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dukung Pengajuan World Heritage, Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA